Mensos bersama rombongan akan mengunjungi para korban bencana banjir dan tanah longsor di Kota Jayapura
Jayapura (ANTARA) -
Pelaksana Tugas Kepala Dinaa Sosial Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Papua Nius Wenda menyebutkan Menteri Sosial (Mensos) RI Tri Rismaharini dan rombongan dijadwalkan mengunjungi Kota Jayapura pada Kamis (13/1).

Nius Wenda di Jayapura, Rabu, mengatakan kunjungan Mensos dan rombongan guna memastikan penanganan korban bencana berjalan dengan baik.

"Mensos bersama rombongan akan mengunjungi para korban bencana banjir dan tanah longsor di Kota Jayapura," katanya.

Baca juga: Pemerintah diminta berkomunikasi dengan Malaysia soal banjir Kaltara

Menurut Nius, Mensos juga akan memberikan santunan bagi keluarga korban yang meninggal dunia akibat bencana tanah longsor.

"Nanti secara simbolis Mensos akan menyerahkan santunan," ujarnya.

Dia menjelaskan pemberian bantuan logistik hingga santunan kepada korban bencana merupakan bentuk perhatian dari pemerintah.

Baca juga: Menteri Sosial salurkan santunan korban banjir di Aceh Utara

"Besaran santunan yang akan diberikan itu sudah ada standar nilainya," katanya lagi.

Dia menambahkan baik itu kepada korban luka atau meninggal dunia akibat bencana, namun pihaknya akan lebih fokus pada korban yang meninggal dunia.

Mensos RI Tri Rismaharini dan rombongan dijadwalkan pada Kamis (13/1) berkunjung ke Perumahan Organda Jayapura, lokasi pengungsian GOR Waringin, lokasi longsor di Asrama Polisi Bhayangkara Jayapura hingga lokasi dapur umum dan pengungsian di BBPPKS Jayapura.

Baca juga: Mensos serahkan bantuan pada korban banjir di Sembakung

Sebelumnya, banjir yang terjadi pada empat dari lima distrik di Kota Jayapura menyebabkan 8.268 warga terdampak, sedangkan tanah longsor menyebabkan 12 warga Distrik Jayapura Utara tertimbun longsor di mana tujuh orang di antaranya meninggal.

Ketua Tim Tanggap Darurat Bencana Alam Kota Jayapura Rustan Saru mengatakan sebagian besar warga memilih tidak mengungsi dan tetap bertahan di rumahnya karena takut dijarah.

Namun bagi warga yang rumahnya tidak bisa ditempati akibat rusak berat dan peralatan rumah tangga rusak, memilih mengungsi sejak Minggu (9/1) malam.

Baca juga: Risma sebut penunjukan Wamensos merupakan kewenangan Presiden

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022