Jakarta (ANTARA) - Program Vaksinasi Merdeka Anak besutan Polda Metro Jaya telah memberikan vaksin kepada 1,4 anak di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek).

Program Vaksinasi Merdeka Anak tersebut digelar pada 5-19 Januari 2022 dengan target 2,2 juta anak.

"Targetnya 2,2 juta anak dalam jangka waktu tersebut. Sampai saat ini masih berlangsung dan sudah 1,4 juta anak yang divaksin," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan di Jakarta, Selasa.

Zulpan menjelaskan, anak yang menjadi sasaran program Vaksinasi Merdeka Anak tersebut adalah anak yang berusia 6-11 tahun.

"Tentunya dengan sisa waktu yang ada mulai hari ini sampai dengan tanggal 19 Januari kita harapkan target 2,2 juta ini bisa dipenuhi oleh Polda Metro Jaya," ujarnya.

Baca juga: Polda Metro bantah kabar ada WNA kabur dari isolasi di hotel
Baca juga: Vaksinasi penguat untuk warga Jakut usia 18 ke atas mulai 12 Januari


Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran Polri untuk bersinergi dengan pihak terkait mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kepada kelompok lanjut usia (lansia) dan anak-anak hingga mencapai target 70 persen.

Instruksi tersebut disampaikan Sigit saat meninjau kegiatan percepatan akselerasi vaksinasi serentak seluruh Indonesia di Gedung Graha Wangsa, Lampung.

Dalam instruksinya, Sigit juga menyebutkan, percepatan vaksinasi terhadap lansia dan anak-anak menjadi penting mengingat telah dimulainya kebijakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen.

Menurut Kapolri, percepatan vaksinasi terhadap lansia dan anak-anak dapat meminimalisir risiko penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 yang terus bermutasi menjadi beberapa varian.

"Ini menjadi penting karena PTM sudah mulai dibuka sehingga mau tidak mau ada potensi terjadinya kontak erat, potensi terjadinya 'carrier' dan munculkan klaster baru apabila kita tidak antisipasi. Karena itu jalan satu-satunya bagaimana lakukan akselerasi vaksinasi," ujar Sigit.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022