Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan nilai kebhinekaan yang terkandung dalam Pancasila harus terus diamalkan demi menjaga keutuhan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Karena itu dia mengaku prihatin terhadap penyebarluasan aksi kebencian anak bangsa melalui media sosial seperti aksi perusakan sesajen di kawasan Gunung Semeru.

"Sangat memprihatinkan, di tengah kita sebagai bangsa ingin bangkit dari keterpurukan dan membutuhkan dukungan seluruh anak bangsa, ada aksi yang memantik kebencian antar-sesama," kata Lestari dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin.

Menurut dia, Pancasila sudah memberi panduan kepada setiap warga negara bagaimana harus bersikap dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara di negeri yang terdiri dari beragam suku, agama dan bahasa.

Dia menilai, nilai-nilai kebhinekaan yang terkandung dalam Pancasila harus menjadi acuan setiap warga negara dalam bersikap dan bertindak di Nusantara.

Baca juga: Polda Jatim kejar pelaku penendang sesajen di Gunung Semeru

Baca juga: Laziznu siap bangun 64 huntara penyintas bencana Gunung Semeru


"Apalagi saat ini bangsa Indonesia sangat membutuhkan energi dari seluruh anak bangsa untuk bangkit dari keterpurukan di berbagai sektor sebagai dampak dari pandemi COVID-19 yang terjadi dalam dua tahun terakhir," ujarnya.

Dia berharap, saat ini seluruh anak bangsa memfokuskan energinya untuk bangkit dan menghindar dari perilaku atau tindakan yang dapat memecah belah agar terjadi percepatan dalam kebangkitan negeri ini di berbagai sektor.

Lestari mengatakan, nilai-nilai kebhinekaan yang merupakan bagian dari nilai-nilai kebangsaan warisan dari para pendahulu bangsa, sudah terbukti mampu menjawab setiap tantangan di setiap zaman.

Karena itu menurut dia, di tengah berbagai upaya bangsa ini untuk bebas dari ancaman dampak pandemi, sangat membutuhkan dukungan penuh masyarakat lewat perilaku yang mencerminkan nilai-nilai kebangsaan yang luhur.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022