Sudah 19.000 orang atau 83 persen dari total 22.000 orang yang telah menjalani vaksinasi
Jakarta (ANTARA) - Lurah Krukut Kecamatan Taman Sari Jakarta Barat Ilham Nurkarin memastikan wilayahnya sudah memasuki zona hijau vaksin walaupun ada 36 warganya  terpapar COVID-19.

"Sudah 19.000 orang atau 83 persen dari total 22.000 orang yang telah menjalani vaksinasi," kata Ilham saat dikonfirmasi di Kelurahan Krukut Jakarta Barat, Senin.

Menurut Ilham, Kelurahan Krukut sudah memasuki zona hijau sejak beberapa hari lalu. Warga yang sudah divaksin, mulai dari anak-anak hingga lansia.

Kelurahan Krikut, kata dia, sejak awal sudah gencar menggelar vaksinasi massal, di puskesmas maupun kelurahan, terutama vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun. 

Polres Metro Jakarta Barat dengan program Vaksin Anak Merdeka juga sempat membuka sentra vaksinasi di permukiman penduduk di Kelurahan Krukut.

Bahkan, ke-36 warga yang terpapar COVID-19 pun sudah menerima vaksin dosis satu dan dua. Karenanya, Ilham tetap mengimbau warganya yang sudah vaksin untuk tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) selama beraktivitas di luar rumah.

"Walau sudah divaksin bukan berarti bebas, tapi harus tetap menjaga protokol kesehatan seperti 5M," kata dia.

Ilham juga mengimbau, warganya yang belum divaksin untuk mengikuti program vaksinasi yang digelar pemerintah. "Vaksinasi tetap kita buka, kita pastikan tidak terkendala," jelas dia.

Sebelumnya, sebanyak 36 warga Taman Sari, Jakarta Barat, ditemukan positif COVID-19 berdasarkan hasil tes swab antigen dan PCR.

Dari 36 orang itu, 35 di antaranya sudah dirujuk ke Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, untuk menjalani isolasi, sedangkan satu orang lainnya dibawa ke rumah sakit karena melahirkan.

Ilham Nurkarin mengatakan, temuan ini berawal dari salah satu warga yang melakukan tes PCR mandiri di rumah sakit di Kecamatan Taman Sari setelah tiba dari luar kota. Hasil tes PCR itu keluar pada 5 Januari dengan hasil positif.

Karena hasil tes itu, petugas kesehatan melakukan penelusuran di wilayah tempat pasien pertama tinggal. Mereka yang menjadi kontak erat dilakukan tes swab antigen dan PCR. Hasilnya, sebanyak 34 warga dinyatakan positif COVID-19. Keluarga dari pasien pertama termasuk dalam 34 warga yang dinyatakan positif COVID-19.

Baca juga: Polrestro Jakbar beri bantuan pangan ke warga yang diisolasi di Krukut
Baca juga: Kelurahan Krukut tracing 500 warga setelah ditemukan 36 kasus positif

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Riza Harahap
Copyright © ANTARA 2022