Jakarta (ANTARA) - Liverpool dan Tottenham Hotspur menghindari ancaman kejutan Piala FA setelah mengalahkan lawan mereka yang berstatus tim kasta ketiga dalam laga putaran ketiga pada Minggu.

Keduanya sama-sama sempat tertinggal lebih dulu dari lawannya, tetapi Liverpool berakhir mengalahkan Shrewsbury Town dengan skor 4-1 di Anfield dan Tottenham melakukan hal serupa saat menundukkan Morecambe 3-1 di London, demikian catatan situs resmi FA.

Bermain di hadapan pendukungnya sendiri, Liverpool tampil menekan sejak awal laga tapi kecolongan ketika Shrewsbury melancarkan serangan cepat yang diakhiri umpan silang Nathanael Ogbeta disambut tendangan voli Dominic Udoh di muka gawang kiper Caoimhin Kelleher.

Namun, keunggulan Shrewsbury tak bertahan lama sebab tujuh menit kemudian talenta muda Kaide Gordon tenang mengendalikan umpan tarik Connor Bradley dengan satu sentuhan sebelum melepaskan tembakan yang membuat kedudukan imbang 1-1.

Baca juga: Liverpool konfirmasi Juergen Klopp akan dampingi tim jamu Shrewsbury

Lantas semenit jelang turun minum Fabinho mengkonversi tendangan penalti untuk membuat Liverpool berbalik unggul 2-1 saat menutup babak pertama, setelah aksi ceroboh bek Ethan Ebanks-Landell berusaha menjangkau bola udara dengan tangannya.

Liverpool terus menguasai pertandingan tapi umpan-umpan akhir mereka tak kunjung memperlihatkan ancaman hingga akhirnya Roberto Firmino menghadirkan rasa aman saat memperbesar keunggulan jadi 3-1 pada menit ke-78.

Berawal dari tendangan bebas Andy Robertson yang tak disapu bersih barisan pemain Shrewsbury, Fabinho mengirim umpan lambung yang berusaha dikirim ke tengah kotak penalti oleh Tyler Morton. Upaya Ibrahima Konate menyambar bola dihalangi bek lawan, tapi si kulit bundar jatuh di hadapan Firmino yang secara percaya diri melepaskan tembakan tumit dengan membelakangi gawang.

Fabinho melengkapi kemenangan Liverpool jadi 4-1 pada menit ketiga injury time ketika memanfaatkan bola liar umpan tendangan bebas Kostas Tsimikas, yang awalnya tak mampu ia sundul dengan bersih.

Baca juga: Chelsea melenggang mulus lewati tim strata kelima Chesterfield

Di Stadion Tottenham Hotspur, London, tuan rumah juga sempat dikejutkan oleh Morecambe yang mencuri keunggulan melalui gol Anthony O'Connor dalam situasi sepak pojok.

Morecambe malah mampu menjaga keunggulan mereka cukup lama hingga raib pada menit ke-74 ketika Harry Winks melepaskan tendangan bebas yang terlalu tajam dan berakhir melesak ke pojok tiang jauh.

Lantas pada menit ke-85 Lucas Moura mencuri bola di tengah lapangan dari Ryan McLaughlin sebelum berlari sendirian ke dalam kotak penalti, melewati kiper Trevor Carson dan menyarangkan bola ke gawang tak bertuan untuk membawa Tottenham berbalik unggul 2-1.

Tiga menit kemudian kebangkitan Tottenham dilengkapi gol Harry Kane yang dengan percaya diri menyelesaikan umpan dari Giovani Lo Celso demi mengunci kemenangan 3-1 dan tiket putaran keempat Piala FA.

Baca juga: Leicester lanjut putaran keempat Piala FA setelah gasak Watford
Baca juga: Kieran Trippier debut, Newcastle malah dipecundangi tim strata ketiga

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022