Jayapura (ANTARA) - Prajurit TNI Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Raksatama Pos Kotis dipimpin Letda Inf Riyadi bersama personel kepolisian mengamankan barang bukti ganja pada patroli gabungan di jalan poros perbatasan RI-PNG.

Komandan Satgas Pamtas Yonif 711/RKS Letkol Inf Mutakbir dalam keterangan diterima ANTARA, Minggu mengatakan, patroli gabungan dilakukan TNI/Polri dalam upaya mencegah kegiatan ilegal di perbatasan Kampung Skouw Sae Distrik Muara Tami Kota Jayapura.

Ditegaskan Dansatgas Yonif 71, kegiatan patroli gabungan difokuskan pada titik-titik rawan yang sering digunakan untuk kegiatan ilegal di lingkungan masyarakat.

Baca juga: Satgas TNI patroli cek patok batas negara RI-Papua Nugini MM 2.2

"Dari hasil patroli gabungan ditemukan berupa kantong berisi ganja kering yang di kemas 7 buah dengan berat 1,5 kg, handphone Samsung 1 buah, handphone Bellphone 1 buah, tas noken dua buah dan topi satu buah, barang bukti tersebut diamankan Pos Kotis dan diserahkan ke pos polisi perbatasan Skouw yang diterima Kepala Pos Polisi Iptu Kasrun," kata Dansatgas.

Diakuinya, adapun pelaku pembawa paket ganja tersebut berhasil kabur ke arah hutan sehingga menyulitkan untuk melakukan pengejaran. Selanjutnya tim Patroli Gabungan kembali ke pos dengan membawa barang bukti.

Dansatgas Yonif 711/Rks Letkol Inf Mutakbir mengingatkan personel Satgas TNI perlu meningkatkan kewaspadaan dan keamanan terutama di titik-titik rawan di daerah perbatasan.

"Tetap jaga faktor keamanan selama melaksanakan kegiatan patroli, seluruh jajaran agar antisipasi kegiatan-kegiatan ilegal di sekitar daerah perbatasan," jelas Dansatgas.

Dansatgas mengungkapkan, jajaran TNI dalam hal ini satuan tugas pengamanan membantu kepolisian untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah tugas.

"Hal ini dalam rangka mengantisipasi berbagai kerawanan sosial yang terjadi di masyarakat," ungkap Dansatgas.

Anggota Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif 711/Rks yang hadir dalam menyerahkan barang bukti diantaranya Dansatgas Yonif 711/Rks Letkol Inf Mutakbir, Pasiops Samuel L. Simbolon, Pasiintel Letda Inf Made Susilo, dan Kapospol Skouw Iptu Kasrun beserta anggota.

Baca juga: Satgas Pamtas RI-Malaysia bantu layanan posyandu di perbatasan Kalbar
Baca juga: KSP dorong penguatan satgas pengamanan batas RI-Malaysia di Kalbar

Pewarta: Muhsidin
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022