kita harus mencapai 60 persen realisasi vaksinasi COVID-19 bagi lansia
Banjarmasin (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan Machli Riyadi menyampaikan, program vaksinasi COVID-19 di kotanya sudah mencapai 80 persen terealisasi dari target sasaran total keseluruhan lebih 700 ribu jiwa.

"Hingga hari ini sudah 80 persen pas realisasi program vaksinasi COVID-19 di kota kita," ujarnya di Banjarmasin, Minggu.

Menurut dia, sebesar 80 persen vaksinasi COVID-19 terealisasi itu untuk suntik dosis pertama.

"Untuk realisasi vaksinasi dosis kedua masih di bawah 70 persen, ini terus diupayakan naik khususnya vaksinasi COVID-19 bagi Lansia," tuturnya.

Sebagaimana capaian vaksinasi COVID-19 bagi warga lanjut usia (lansia) ini, kata Machli Riyadi, masih di angka 44,05 persen dari target total sasaran sekitar 45 ribu jiwa.

Baca juga: Banjarmasin gelar pelayanan vaksinasi keliling pada malam tahun baru
Baca juga: Beberapa warga mengikuti "vaksin on the road" malam tahun baru

Pemerintah Kota Banjarmasin beserta TNI-POLRI dan lembaga lainnya memfokuskan bagaimana pencapaian vaksinasi untuk lansia ini bisa secepatnya terwujud, bahkan menjanjikan pemberian paket sembako bagi yang mau divaksin.

"Karena secepatnya kita harus mencapai 60 persen realisasi vaksinasi COVID-19 bagi lansia ini, demi bisa memulai vaksinasi bagi anak usia 6--11 tahun," tuturnya.

Sebab vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6--11 tahun ini baru bisa dilaksanakan setelah vaksinasi Lansia di atas 60 persen, jika dihitung di Kota Banjarmasin ini untuk mencapai itu sekitar 7.500 jiwa lagi jumlah Lansia harus divaksin, tutur Machli Riyadi.

Sementara itu, Bank Pemerintah Provinsi Kalsel, yakni, Bank Kalsel berjanji menyiapkan sebanyak 2.000 paket sembako untuk program vaksinasi COVID-19 bagi Lansia di kota Banjarmasin.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Banjarmasin capai 72 persen
Baca juga: Dinkes Banjarmasin: Animo masyarakat divaksin menurun


​​​Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina pun menyampaikan apresiasinya bagi Bank Kalsel dan lembaga swasta lainnya yang membantu program percepatan vaksinasi COVID-19 di kotanya, khususnya bagi target Lansia ini, yakni, melalui dana CSR (Corporate Social Responsibility).


"Semoga kita bisa kebal atau herd immunity di 80 persen vaksinasi ini, tetap sehat dan semangat dan semoga pandemi segera berakhir dengan didukung masyarakatnya melakukan vaksin," tuturnya.

Sementara itu, berdasarkan data dari Dinkes Kalsel untuk kasus COVID-19 di Kota Banjarmasin hingga kemarin tidak ada tambahan, kasus COVID-19 di Kota Banjarmasin masih total diangkat sebanyak 15.876 orang terpapar, di mana yang berhasil sembuh sebanyak 15.332 orang dan yang meninggal dunia sebanyak 544 orang.

Baca juga: Kasus harian terkonfirmasi COVID-19 bertambah 479
Baca juga: 455 ribu jiwa mendapat vaksin dosis kedua pada Sabtu

 

Pewarta: Sukarli
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022