Kerja sama Asabri dan Bulog ini untuk memberikan manfaat bagi peserta Asabri aktif dan pensiun dalam memenuhi kebutuhan sembako sehari-hari.
Jakarta (ANTARA) - PT Asabri (Persero) dan Perum Bulog mengawali 2022 dengan berkolaborasi mengembangkan jaringan Rumah Pangan Kita (RPK) kepada peserta Asabri di seluruh Indonesia.

"Kerja sama Asabri dan Bulog ini untuk memberikan manfaat bagi peserta Asabri aktif dan pensiun dalam memenuhi kebutuhan sembako sehari-hari," kata Sekretaris Perusahaan Asabri Edison Sianipar dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Menandai kerja sama tersebut, lanjut Edison, akan dilakukan kegiatan penjualan di Kantor Pusat ASABRI, Jakarta, pada setiap awal bulan. Dalam penjualan yang sudah dilaksanakan sepanjang pekan pertama Januari mendapat respon positif dari peserta yang hadir.

Baca juga: Satu hakim sebut kerugian Rp22 triliun di perkara Asabri masih potensi

Dalam kegiatan itu Perum Bulog membuka stand di kantor layanan Asabri, di mana dalam stan tersebut peserta dapat berbelanja kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, daging sapi, tepung dan sebagainya, dengan harga lebih murah lima persen di bawah harga pasar. dengan kualitas yang baik.

Peserta Asabri cukup antusias untuk membeli khususnya peserta pensiun yang pada saat itu turut hadir ke Kantor Pusat Asabri untuk pengambilan gaji pensiunnya. Kegiatan tersebut sekaligus sebagai sarana sosialisasi dalam memberikan informasi kepada peserta Asabri dan keluarganya untuk menjadi bagian dari Sahabat Rumah Pangan Kita (RPK).

RPK adalah outlet milik masyarakat yang merupakan jaringan distribusi pangan Bulog termasuk untuk kegiatan stabilisasi harga, membangkitkan usaha masyarakat dan/atau pelayanan voucher pangan. RPK menyediakan produk yang murah dan sehat untuk mewujudkan akses pangan pokok kepada peserta Asabri.

Baca juga: Bulog-BKKBN salurkan beras bervitamin untuk turunkan angka stunting

Seluruh peserta Asabri aktif ataupun purnawirawan yang ingin mendaftar sebagai bagian dari Sahabat RPK dapat berkoordinasi melalui perwakilan kantor cabang Asabri di masing-masing wilayah atau dapat menghubungi petugas kantor cabang Perum Bulog di wilayah yang bersangkutan.

Peserta Asabri yang ingin membeli sembako bisa melakukan pemesanan melalui daring maupun luring. Perum Bulog menyediakan jasa pengantaran barang dari gudang Bulog ke rumah pembeli dengan pembelian minimal Rp2 juta. Persyaratan untuk menjadi Sahabat RPK berupa KTP dan surat keterangan domisili.

Perum Bulog memiliki gudang kurang lebih 1.500 gudang yang tersebar hampir di seluruh kabupaten dan provinsi di Indonesia. Jaringan RPK sudah menjangkau ke daerah pelosok, sehingga di daerah kabupaten manapun terbuka untuk membuka RPK melalui Perum Bulog sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang sudah ditentukan.

"Melalui kerja sama ini diharapkan dapat membantu seluruh peserta Asabri di seluruh Indonesia dalam memenuhi kebutuhan bahan-bahan pokoknya, terlebih pada saat pandemi COVID-19 ini," ujar Edison.

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022