jalur bus TransJakarta akan ditutup menyusul adanya pembuatan connecting crossing dari pemukiman warga ke saluran Phb Jalan I Gusti Ngurah Rai
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah petugas gabungan melakukan kegiatan bersih-bersih Jalan I Gusti Ngurah Rai, Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, menjelang pembukaan kembali setelah ditutup akibat pengerjaan proyek saluran air.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Jakarta Timur, Kusmanto, mengatakan pembersihan menggunakan dua unit mobil pemadam kebakaran, tiga unit mobil "sweeper" dan satu unit "jetting combi".

“Mulai nanti malam jalan reguler yang siang ini dibersihkan akan dibuka untuk umum, sebaliknya, jalur bus TransJakarta akan ditutup menyusul adanya pembuatan connecting crossing dari pemukiman warga ke saluran Phb Jalan I Gusti Ngurah Rai,” kata Kusmanto di Jakarta, Jumat.

Kusmanto menambahkan kegiatan bersih-bersih itu melibatkan unsur Sudin Sumber Daya Air, Gulkarmat Jakarta Timur, Sudin Lingkungan Hidup, Satpol PP dan PPSU. Dia mengatakan proses pengerjaan saluran penghubung dan crossing itu sendiri sudah mencapai 98 persen.

Kusmanto mengatakan pengerjaan proyek saluran Phb dan crossing tersebut agak molor lantaran pengaruh cuaca yang sering hujan deras. Sehingga mengganggu pelaksanaan pengecoran jalan. Pihaknya optimistis hari Selasa (11/1) pekerjaan sudah rampung semua.

Sementara itu, Kasi Pembangunan dan Peningkatan Drainase Sudin SDA Jakarta Timur, Tengku Saugi Zikri, mengatakan aksi bersih-bersih itu dilakukan dalam rangka persiapan pembukaan dua jalur reguler di Jalan I Gusti Ngurah Rai sisi utara, atau ruas jalan dari arah Jatinegara menuju Bekasi.

Dia mengatakan bahwa sebelumnya ruas jalan itu ditutup lantaran adanya proyek pembuatan saluran penghubung yang ada di tengah jalan tersebut.

Sedangkan rencananya nanti malam sekitar pukul 21.00 WIB rencananya jalur TransJakarta akan ditutup hingga hari Selasa (11/1). Meski demikian, halte TransJakarta Buaran akan tetap beroperasi seperti biasa, tidak ada perubahan.

“Saat pembuatan connecting crossing ke saluran Phb, kita lakukan penutupan jalan di jalur bus TransJakarta. Sehingga TransJakarta nanti melintas di jalur reguler untuk sementara. Kemudian Halte Kampung Sumur tidak bisa dipergunakan selama pekerjaan connecting crossing ke saluran Phb,” kata Saugi.
Baca juga: Pengerjaan saluran air di Jalan I Gusti Ngurah Rai sudah 95 persen
Baca juga: Pengerjaan saluran air di Jalan I Gusti Ngurah Rai molor
Baca juga: Pembangunan saluran di I Gusti Ngurah Rai Klender capai 85 persen

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022