Jakarta (ANTARA) - Era digital memang sangat memudahkan kegiatan manusia termasuk untuk urusan keuangan. Seperti contohnya kehadiran e-wallet yang membuat transaksi finansial jadi lebih cepat dan juga mudah. Lalu, sebenarnya apa itu e-wallet? Untuk lebih mengenal tentang e-wallet, mari simak ulasan singkatnya di sini.
 
Mengenal Apa Itu E-wallet
 
Masih banyak masyarakat yang belum memahami apa itu e-wallet dengan benar. Pada dasarnya, e-wallet atau yang bisa disebut dengan dompet digital adalah sebuah layanan elektronik yang memiliki fungsi untuk menyimpan data serta sebagai instrumen pembayaran. Cara kerjanya adalah dengan menggunakan kartu atau uang elektronik, hingga menampung uang serta untuk melakukan beragam pembayaran.
 
Dompet digital ini bisa digunakan untuk beragam hal khususnya dalam transfer ke antar rekening dan antar bank. Transaksi apa saja bisa dilakukan secara online atau digital. Menyimpan uang pun juga bisa dilakukan dengan e-wallet ini. Ada banyak kemudahan di dalam dompet digital. Siapa saja bisa menggunakannya, caranya mudah dan sangat sederhana.
 
Macam Penggunaan E-Wallet
 
Dompet digital ini bisa digunakan untuk melakukan berbagai transaksi secara online. E-Wallet ini memiliki keamanan yang baik jadi pengguna tidak perlu khawatir saat melakukan berbagai transaksi melalui dompet digital tersebut. Inilah beberapa penggunaan dari e-wallet:
 
1. Transfer
 
Dompet digital atau e-wallet biasa digunakan untuk melakukan transfer dana antar bank atau antar rekening. Tak hanya bank, transfer sesama e-wallet juga sering dilakukan oleh masyarakat.
 
2. Membayar Tagihan
 
Dalam dompet digital ada beragam pilihan layanan yang salah satunya adalah pembayaran tagihan secara digital atau online. Ada pembayaran PLN atau tagihan listrik, pembayaran telepon, pembayaran TV Kabel hingga WiFi. Cukup menggunakan satu aplikasi dan tidak perlu keluar rumah, tagihan bisa dibayar kapan saja. Bahkan tagihan BPJS juga bisa dibayarkan hanya dengan menggunakan satu aplikasi e-wallet.
 
3. Pembelian Pulsa dan Paket Data
 
Dompet digital juga biasa digunakan untuk membeli pulsa reguler dan juga paket data. Cara ini jauh lebih praktis daripada harus pergi keluar rumah untuk membeli pulsa di konter. Dalam layanan e-wallet ini semua operator sudah ada jadi bisa membeli pulsa sesuai dengan jenis operator yang dipakai.
 
4. Menabung
 
Dompet digital bisa juga dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan uang atau menabung. Menyimpan uang dengan dompet digital bisa dilakukan dengan cara melakukan top up sejumlah uang ke e-wallet agar tidak bisa diambil secara tunai.
 
5. Kebutuhan Lainnya
 
Sekarang layanan e-wallet sudah semakin canggih, karena sudah ada beberapa perguruan tinggi dan juga sekolah-sekolah yang memanfaatkan dompet digital untuk pembayaran SPP. Ada juga layanan donasi hingga investasi yang bisa dilakukan dalam satu aplikasi dompet digital. Anda juga bisa membayar transaksi di berbagai lokasi seperti restoran menggunakan e-wallet.
 
Semakin hari semakin lengkap dan beragam layanan yang disediakan setiap dompet digital. Pengguna jadi lebih mudah untuk melakukan berbagai transaksi finansial hanya menggunakan smartphone dan satu aplikasi.
 
Nah itulah informasi yang perlu Anda pahami mengenai e-wallet. Beberapa contoh dompet digital yang bisa Anda gunakan adalah DANA, Shopeepay, GoPay, dan juga OVO. Transaksi di e-wallet tentu akan lebih lancar dan mudah jika saldo selalu tersedia di dalamnya.
 
Nah, untuk masalah top up, Anda bisa memanfaatkan Flip dengan tanpa biaya admin alias gratis. Mulai dari top up DANA, Shopeepay, OVO, hingga GoPay bisa Anda lakukan hanya melalui 1 aplikasi saja. Tidak hanya itu Anda juga bisa melakukan transfer uang antar bank gratis bahkan pembelian pulsa & paket data dengan mudah menggunakan Flip.
 
Selain itu, kini hadir fitur Saldo Flip yang bisa digunakan untuk transfer uang ke lebih dari 100 bank tanpa perlu aplikasi lain. Hal ini ditujukan untuk memudahkan Anda untuk transfer uang dan meningkatkan pengalaman serta kepuasan pengguna aplikasi Flip.
 
Bagaimana dengan legalitasnya? Anda tidak perlu khawatir perihal keamanan dan juga legalitas dari Flip. Pasalnya, aplikasi ini sudah mendapatkan izin lisensi dari Bank Indonesia sejak tanggal 4 Oktober 2016 dengan nomor 18/196/DKSP/68. Flip tidak berada pada perizinan OJK, sebab Flip adalah perusahaan transfer dana yang berada di bawah pengawasan Bank Indonesia.
 
Selain itu, seluruh proses transfer melalui Flip dilakukan dengan menggunakan sistem bank, sehingga uang Anda pasti akan sampai ke rekening tujuan dengan aman. Untuk menggunakan aplikasinya Anda cukup mengunduh dan menginstalnya di smartphone setelah itu nikmati semua kemudahan yang dimiliki oleh Flip. 

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022