Dengan senam, kita memiliki spirit bagaikan api yang tak kunjung padam.
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengajak masyarakat untuk menaklukkan COVID-19 dengan melakukan gerakan senam sehat.

"Menghadapi pandemi pada tahun ketiga ini, atas arahan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Partai mendorong suatu senam sehat sekaligus mengungkapkan suatu rasa cinta Tanah Air. Suatu senam yang menunjukkan passion, character building bangsa Indonesia," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam siaran persnya, di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, senam sehat ini sejalan dengan apa yang selalu diungkap serta didorong oleh Proklamator RI Soekarno.

"Mens sana in corpore sano bahwa dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat. Dengan senam, kita memiliki spirit bagaikan api yang tak kunjung padam," ujarnya.

Hasto juga menyebutkan bahwa Megawati Soekarnoputri selalu mengingatkan bahwa negeri Indonesia ini luar biasa. Indonesia adalah sebuah negeri yang dari kulinernya saja, adalah terlengkap di seluruh dunia.

"Tidak ada negara dengan keanekaragaman bumbu-bumbuan selengkap Indonesia, dan dengan karunia itu seharusnya membuat badan kita sehat. Tapi badan sehat dari asupan makanan bergizi saja tidak cukup. Dibutuhkan olahraga dan diperlukan senam," kata Hasto saat latihan senam, di GOR Senam Jakarta, Jalan Raden Inten, Jakarta Timur.

PDIP bahkan bertekad memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) dan rekor dunia lewat gelaran senam bersama secara serentak pada puncak perayaan HUT Ke-49 PDIP.

Gerakan senamnya dibuat benar-benar baru dan khusus untuk perayaan HUT PDIP, bernama Senam Indonesia Cinta Tanah Air (SICITA).

Menurut Hasto, menjadi semakin penting karena Indonesia dan dunia sedang terus menghadapi pandemi COVID-19.

Senam itu juga mengambil dari spirit Senam Kesehatan Jasmani tahun 1984. PDIP pun mengajak seluruh komponen masyarakat untuk ikut bergerak dalam senam ini.

"Karena persoalan pandemi hanya dapat tercapai kalau kita menjaga imunitas tubuh. Kalau kita membangun spirit juang dalam diri kita, dan spirit juang itu akan tercapai kalau badan kita sehat," kata Hasto pula.
Baca juga: PDIP bangun gerakan pemulihan total bangsa dari pandemi COVID-19
Baca juga: Megawati: Pandemi tak hentikan PDIP lakukan pendidikan kader

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022