Jakarta (ANTARA) - Persaingan antara Inggris dan Amerika Serikat pada babak penyisihan Grup C akan ditentukan lewat pertandingan nomor ganda putra setelah keduanya masing-masing memenangakan satu dari dua laga tunggal.

Inggris dan Amerika kini 1-1 sehingga nomor ganda putra akan menentukan nasib kedua tim ke semifinal.

Pada tunggal putra pertama, Inggris menang lewat Daniel Evans setelah mengalahkan John Isner 6-4, 7-6(3) di Qudos Bank Arena, Sydney, Kamis.

Evans bermain begitu dominan sepanjang pekan ini dengan  memenangkan seluruh enam set dalam pertandingannya. Petenis berusia 31 tahun itu menahan 16 ace Isner, memenangkan 87 persen poin servis dan tidak menghadapi break point dalam kemenangannya selama satu jam 35 menit itu.

"Sangat penting berkonsentrasi dan fokus lebih awal. Kami tidak terlalu sering bermain sepagi ini, jadi saya bangun pagi-pagi sekali dan benar-benar berusaha keras untuk keluar dari hambatan," kata Evans.

Namun keberuntungan Inggris terpatahkan pada gim kedua saat  Cameron Norrie takluk 7-6(4), 3-6, 6-1 kepada Taylor Fritz.

Baca juga: Sinner buka kemenangan pertama Italia atas Rusia dalam ATP Cup

Fritz juga kembali memimpin catatan pertemuannya dengan Norrie dalam kompetisi ATP  menjadi 5-4.

"Norrie dan saya telah bermain berkali-kali, setiap kali terjadi hanya ada persaingan telak. Jujur saja, saya cukup frustrasi dengan pukulan yang dia lakukan. Beruntung saya bisa menaikkan level di set ketiga, itu memberikan saya banyak keuntungan," kata Fritz.

Pada nomor ganda yang masih berlangsung, Fritz berpasangan dengan Isner untuk melawan pasangan Daniel Evans/Jamie Murray.

Pada penyisihan Grup C, seluruh tim yang terdiri dari Inggris, Amerika Serikat, Jerman, dan Kanada sama-sama mengantongi skor 1-1. Negara yang memenangkan nomor ganda akan menjadi juara grup dan maju ke semifinal di Sydney.

Jika AS dan Kanada menang hari ini, maka AS akan lolos. Namun jika Inggris dan Jerman muncul sebagai pemenang, maka Inggris yang akan menjadi juara grup.

Kedua perhitungan itu didasarkan pada jumlah pertandingan yang dimenangkan selama fase penyisihan, demikian laporan ATP.

Baca juga: Hurkacz tekuk Schwartzman, Polandia segel tempat di semifinal ATP Cup

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022