Jakarta (ANTARA) - Seekor anjing menyelamatkan seorang pejalan kaki yang terluka di pegunungan Kroasia dengan berbaring di atasnya selama 13 jam sampai mereka diselamatkan, menurut media setempat.

Anjing bernama North, membuat pendaki yang bernama Grga Brkic itu tetap hangat setelah dia jatuh saat mendaki dan tidak bisa bergerak, dikutip dari The Guardian, Rabu.

Baca juga: Siapa berani mendaki "Seven Summits" Sembalun?

Dua pendaki lain yang bersamanya tidak dapat menjangkau mereka, jadi mereka membunyikan alarm untuk pertolongan.

Banyak pihak memuji anjing berjenis Alaskan Malamute yang berusia delapan bulan itu karena telah membantu menjaga Brkic tetap aman.

Insiden itu terjadi ketika kelompok itu pergi untuk mendaki akhir pekan di pegunungan Velebit di sepanjang garis pantai Adriatik negara itu.

"Persahabatan dan cinta antara manusia dan anjing tidak memiliki batas," kata layanan penyelamat gunung Kroasia dalam sebuah unggahan di Facebook, yang menyertakan foto anjing itu berbaring di atas Brkic saat dia berbaring di tandu.

Anjing itu "meringkuk di sekelilingnya dan menghangatkannya" selama misi penyelamatan di ketinggian hampir 1.800 meter di atas permukaan laut, tambah unggahan itu.

“Menit dan detik sebelum mereka tiba sangat lambat,” kata Brkic kepada media Kroasia. “Anjing kecil ini benar-benar keajaiban,” kata pemiliknya kepada harian Jutarnji List.

Kehadiran North si anjing sempat menjadi polemik lantaran layanan penyelamatan gunung Kroasia telah memperingatkan agar tidak membawa anjing untuk mendaki dalam kondisi yang sulit, terutama selama cuaca musim dingin yang ekstrim.



Baca juga: Kiat aman mendaki gunung untuk wanita

Baca juga: Sandal gunung trendi bisa dipakai tak cuma untuk mendaki

Baca juga: Kiat "hiking" dari Adinda Thomas

Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022