Jakarta (ANTARA) - Indonesia punya banyak desa wisata yang tersebar di berbagai daerah sebagai tujuan wisata Anda tahun ini. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebutkan beberapa desa wisata yang patut dikunjungi, berdasarkan tempat yang telah ia datangi tahun lalu.

"Saya sudah ke 70 desa wisata, saya lihat ini awalnya program, tapi setelah melakukannya, saya merasa ini perjalanan spiritual," kata Sandiaga dalam Instagram Live bersama kantor berita ANTARA, Selasa.

Dalam perjalanan menyambangi puluhan desa wisata, Sandiaga menuturkan dirinya menyadari bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk bangkit.

Baca juga: Desa wisata Wae Rebo, surga wisata di atas awan yang patut dikunjungi

"Dan mampu ambil peluang jadi pemenang, bukan kita yang membangun desa, tapi desa wisata yang membangun Indonesia Emas," lanjutnya.

Mana saja desa wisata yang bisa jadi rekomendasi menyusun rencana liburan tahun 2022?

Desa wisata Arborek

Desa wisata yang satu ini berlokasi di Raja Ampat, Papua Barat. Daerah di Timur Indonesia ini menyuguhkan pemandangan menakjubkan. Dikutip dari laman Indonesia Travel, desa wisata ini punya luas 7 hektare dan bisa dijelajahi dengan cara jalan kaki selama setengah jam.

Nama "Arborek" artinya duri dari bahasa Biak, sebab dulunya pulau ini penuh semak berduri. Di desa wisata ini, pengunjung bisa melakukan aktivitas di bawah air seperti snorkeling untuk melihat kehidupan laut yang indah.

Baca juga: Ini daftar desa-desa wisata penerima penghargaan ADWI 2021
 
Wisatawan berekreasi di Desa Wisata Pujon Kidul, Malang, Jawa Timur, Rabu (26/5/2021). Sebagian masyarakat memanfaatkan libur saat Hari Raya Waisak dengan berekreasi di desa wisata tersebut karena mudah dijangkau dan relatif murah. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/aww. (ARI BOWO SUCIPTO/ARI BOWO SUCIPTO)


Desa wisata Pujon Kidul

Desa wisata di Malang, Jawa Timur, menyimpan berbagai pesona untuk wisatawan. Pengunjung bisa mendatangi bukit Nirwana saat menunggu matahari terbit, pergi ke Kampung Budaya untuk melakukan kegiatan bermain gamelan, belajar tari tradisional atau membuat batik tulis, atau mampir ke The Roudh 78 untuk bermain paintball atau mencoba motor trail.
 
Pengunjung berswafoto di Kawasan Wisata Pepedan Hill, Desa Wisata Selasari, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (8/5/2021). Desa Wisata Selasari yang dikelola mandiri oleh pemerintah desa dan melibatkan Lembaga Masyarakat Desa (LMD) tersebut menawarkan paket wisata menjelajah desa yang menyuguhkan panorama di destinasi wisata seperti Pepedan Hill,ÊWisata Goa Sutra Reregan, Santirah River Tubing, Wonder Hill Jojogan, Sinjang Lawang, Goa Lanang dan kampung madu. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/rwa. (ANTARA FOTO/ADENG BUSTOMI)


Desa wisata Selasari, Pangandaran
​​​​​​​

Desa ini terletak di kecamatan Parigi, Pangandaran, Jawa Barat. Banyak tujuan wisata alam di desa ini, seperti goa Sutra Reregan, goa Lanang yang jadi tempat susur sungai atau outbond, hingga bukit Pepedan yang cocok untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Baca juga: Sandiaga yakini desa-desa wisata akan bangkitkan Indonesia

Desa wisata Cisande, Sukabumi
​​​​​​​

Desa wisata di Jawa Barat ini cocok untuk penyuka alam dan aktivitas petualangan seperti river tubing, trekking di bukit, flying fox, kemping di sawah, serta wisata bercocok tanam.
 
Wisatawan mengunjungi Desa Wisata Penglipuran di Bangli, Bali, Sabtu (27/11/2021). Jumlah kunjungan wisatawan pada bulan November 2021 di objek wisata tersebut mengalami peningkatan dengan rata-rata 450 orang per hari. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/hp. (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)


Desa wisata Penglipuran, Bali

Terletak di pulau Bali, desa wisata ini dinobatkan sebagai desa paling bersih di dunia. Desa ini punya hutan bambu seluas 45 hektare yang berfungsi sebagai resapan air dan terus dilestarikan agar alam tetap seimbang. Wisatawan bisa melihat ritual keagamaan yang masih terus berlangsung hingga saat ini. Desa wisata Penglipuran pun memiliki kuliner khas seperti loloh cemcem dan tipat cantok. Desa ini juga punya Penglipuran Village Festival yang berlangsung tiap Desember.

Baca juga: Desa wisata jadi alternatif ketahanan perekonomian Indonesia

Baca juga: Cara Desa Tlilir di Temanggung bangun kemandirian melalui pariwisata

Baca juga: Sandiaga Uno: Kunjungan ke desa wisata meningkat 30 persen

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022