sudah  74 warga di sekitar rumah kos  yang menjalani tes PCR
Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Barat tengah memaksimalkan penelusuran (tracing) setelah sembilan pekerja Bandara Soekarno-Hatta dinyatakan positif COVID-19.

Ke sembilan orang pekerja yang berstatus positif COVID-19 ini diketahui tinggal di sebuah rumah kos kawasan Kalideres, Jakarta Barat.

"Yang pasti kita akan lakukan pengamanan proses test dan tracing. Petugas dan satgas akan memaksimalkan kegiatan tersebut," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Komisaris Besar Ady Wibowo saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Sejauh ini, tercatat sudah  74 warga di sekitar rumah kos  yang menjalani tes PCR. Mereka kini tengah melakukan isolasi mandiri di kediaman masing-masing sambil menunggu hasil tes.

Ady pun menegaskan tidak menutup kemungkinan jumlah warga yang disertakan tes PCR akan diperbanyak demi kepentingan "tracing".

Dengan upaya itu, dia berharap penyebaran COVID-19 di Kalideres tidak merembet ke lingkungan lain dan menimbulkan klaster baru.

Untuk diketahui, sembilan orang pekerja di Bandara Soekarno-Hatta yang tinggal di Kecamatan Kalideres Jakarta Barat terpapar COVID-19, setelah tes PCR yang mereka jalani di puskesmas setempat hasilnya positif.

"Tes PCR sudah keluar hasilnya, ada sembilan positif, serta sebagian orang masih menunggu hasil," kata Kepala Satpol PP Kecamatan Kalideres, Selvi Rahmawati, saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (3/1)

Selvi mengatakan ke sembilan orang ini tinggal di satu rumah kos yang sama di Jalan Daan Mogot, Kalideres Jakarta Barat. Namun, belum dipastikan apakah COVID-19 tersebut varian Omricon atau bukan.

Mayoritas penghuni kos di rumah tersebut memang bekerja di Bandara Soekarno-Hatta. Karena, adanya temuan sembilan orang positif COVID-19, maka pada Senin (3/1)  penghuni lainnya di rumah kos tersebut dan tetangganya yang  kontak erat, menjalani tes swab PCR.

Hal itu dilakukan sebagai upaya penelurusan (tracing) guna memastikan virus COVID-19 tidak menyebar ke warga lain. "Sembilan orang itu belum tentu Omicron, karena Omicron itu ada spesifikasi pemeriksaannya," kata dia.

Hingga saat ini, ke sembilan orang tersebut telah dibawa ke Wisma Atlet Kemayoran guna menjalankan isolasi mandiri.
Baca juga: Sembilan pekerja Bandara Soekarno-Hatta terpapar COVID-19
Baca juga: Menhub-Menkes-Kapolri tinjau terminal kedatangan international Soetta
Baca juga: Menkes pastikan antrean di bandara untuk karantina dibuat cepat

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022