Jakarta (ANTARA) - PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk siap membantu menggenjot pertumbuhan di Provinsi Banten setelah Pemerintah Provinsi Banten dipastikan akan kembali menempatkan Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) pada 2022 di emiten berkode saham BEKS tersebut.

Direktur Utama Bank Banten Agus Syabarrudin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin, mengapresiasi atas kepercayaan yang diberikan oleh Pemprov Banten untuk kembali mengelola RKUD Banten.

"Alhamdulillah kami kembali dipercaya untuk mengelola RKUD di tahun 2022. Kami optimis kepercayaan yang diberikan dapat kami jaga dengan terus meningkatkan layanan serta performa bisnis perusahaan," ujar Agus.

Mengutip Laporan Perekonomian Banten November 2021 yang dirilis oleh Bank Indonesia, Perekonomian Banten pada triwulan III 2021 melanjutkan pertumbuhan positif yang sudah dicapai pada triwulan sebelumnya.

Pertumbuhan pada triwulan III 2021 tercatat sebesar 4,62 persen (yoy) atau sebesar 0,53 persen (qtq), di atas pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 3,51 persen. Secara umum, kondisi stabilitas keuangan daerah pada triwulan III 2021 juga tetap terjaga pada level risiko yang aman.
Baca juga: Bank Banten sebut transformasi digital tingkatkan aset 35,78 persen

Tren perbaikan ekonomi yang terjadi di Banten secara perlahan mampu mendorong permintaan kredit seiring perbankan yang masih berhati-hati dan cukup ketat dalam menyalurkan kredit. Adapun kondisi ketenagakerjaan di Provinsi Banten pada periode November 2021 mengalami perbaikan, sebagaimana ditandai dengan penurunan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) menjadi sebesar 8,98 persen.

"APBD Provinsi Banten senilai Rp12,7 triliun. Bank Banten siap all out mendukung Pemerintah untuk menggenjot target pertumbuhan ekonomi tahun 2022 hingga 5,5 persen. Salah satunya melalui Perda ekosistem ekonomi daerah Banten yang tengah digodok bersama DPRD Banten. Insya Allah jika telah ketok palu, Bank Banten siap mendorong berbagai indikator ekonomi kita untuk ngebut," kata Agus.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Banten Rina Dewiyanti optimistis Bank Banten bisa terus meningkatkan pelayanan serta kinerjanya.

"Sepanjang tahun 2021 alhamdulillah kami telah merasakan peningkatan pelayanan yang cukup signifikan. Saya optimis Bank Banten bisa kian baik secara layanan dan capaian bisnis. Sinergi dalam mengelola RKUD secara transparan dan akuntabel serta memberikan pelayanan yang paripurna untuk Banten Maju Mandiri berdaya saing dan sejahtera. Pemerintah Provinsi Banten akan all out mendukung peningkatan kinerja Bank Banten," ujar Rina.

Agus menambahkan, perseroan telah melakukan berbagai langkah strategis untuk melakukan transformasi menghadirkan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah sehingga ke depan diharapkan akan menjadi bank yang semakin dipercaya oleh masyarakat.

Baca juga: Dirut Bank Banten optimistis 2022 jadi momentum tumbuh positif

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022