Jakarta (ANTARA) - Lima berita hukum pada Minggu (2/1) yang terjadi di wilayah Indonesia masih menarik untuk dibaca dan menjadi perhatian publik, mulai dari Presiden RI memperpanjang status pandemi COVID-19 hingga angka kecelakaan lalu lintas (lalin) Operasi Lilin 2021 meningkat.

Klik di sini untuk berita selengkapnya

1. Presiden Jokowi perpanjang status pandemi COVID-19

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperpanjang status kebencanaan pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) di Tanah Air.

Keputusan itu ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 24 Tahun 2021 tentang Penetapan Status Faktual Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia yang ditetapkan pada 31 Desember 2021.

Selengkapnya di sini

2. Kendaraan keluar Jakarta via tol rata-rata meningkat 2,7 persen

Jumlah kendaraan yang keluar Jakarta melalui empat gerbang tol yaitu di Cikampek Utama, Kalihurip Utama, Cikupa, dan Ciawi rata-rata meningkat 2,7 persen sejak pertengahan Desember 2021 sampai awal tahun 2022.

Bila keadaan normal sebanyak 2.369.701 unit kendaraan yang masuk ke Jakarta, maka pada 17 Desember - 1 Januari 2022 mencapai 2.434.568 unit kendaraan, kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini

3. Angka kecelakaan lalu lintas Operasi Lilin 2021 naik 31 persen

Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mencatat angka kecelakaan lalu lintas selama Operasi Lilin 2021 naik sebesar 31 persen jika dibandingkan operasi yang sama pada 2020.

"Tren jumlah kecelakaan lalu lintas meningkat dibandingkan Operasi Lilin 2020," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini

4. Kasus penelantaran puluhan pendaki Rinjani diselesaikan secara damai

Kasus penelantaran puluhan pendaki di Gunung Rinjani, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, akibat ulah salah satu agen perjalanan wisata diselesaikan secara damai.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto melalui siaran pers yang diterima di Mataram, Minggu malam, mengatakan penyelesaian kasus secara damai dilaksanakan para pihak terkait melalui mediasi di Polsek Sembalun.

Selengkapnya di sini


5. Petugas gagalkan penyelundupan 2.000 triheksifenidil ke Lapas Luwuk

Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Luwuk, Sulawesi Tengah, menggagalkan upaya penyelundupan sebanyak 2.000 pil triheksifenidil ke dalam lapas yang ditujukan untuk seorang narapidana.

"Pelaku penyelundupan adalah seorang warga berinisial A," kata Kepala Lapas Kelas IIB Luwuk Yugo Indra Wicaksi melalui keterangan tertulis Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022