Jakarta (ANTARA) - Turis asing asal Afrika Selatan Nicholas mengatakan tidak khawatir berkunjung ke Kota Tua, Jakarta Barat pada hari pertama Tahun Baru 2022 saat kondisi masih pandemi COVID-19.

Nicholas menuturkan selama berada di Kota Tua, petugas menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19 dan tempatnya sangat menarik karena lekat dengan sejarah Jakarta.

Baca juga: Pelataran tutup, pengunjung Kota Tua Jakarta tetap ramai

"Saya sangat tertarik, saya suka sejarah. Jadi saya ke sini untuk berkunjung ke museum yang ada di sana (Museum Sejarah Jakarta). Saya tahu di Jakarta sedang PPKM (Lockdown), karena sudah di Jakarta selama delapan bulan," kata Nicholas di Kota Tua, Jakarta Barat, Sabtu.

Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jakarta, Nicholas mengungkapkan tetap berada di rumah dan bekerja secara daring sehingga merasakan kejenuhan.

Baca juga: DKI Kemarin, dari hibah aset sampai jumlah kecelakaan Transjakarta

"Ini kali pertama saya berlibur, saya pikir selama kita berhati-hati, rajin cuci tangan, jaga jarak tentunya, saya pikir akan baik-baik saja karena setiap orang di Jakarta juga sejauh ini selalu berhati-hati," ujar Nicholas.

Pantauan Antara, museum dan restoran yang ada di lokasi Kota Tua tetap buka mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Museum yang berada di sekitar Taman Fatahillah, yakni Museum Wayang, Museum Sejarah Jakarta, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum 3D Art, dan Museum Bahari bisa beroperasi dengan kapasitas maksimal 75 persen.

Baca juga: 300 Satpol-PP jaga Kota Tua dan CNI Kembangan saat Tahun Baru

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022