Jakarta (ANTARA) - Spanyol dan Argentina sama-sama memenangi pertandingan ATP Cup mereka dengan mudah ketika turnamen beregu putra itu kembali untuk musim 2022 di Olympic Park Sydney, Sabtu.

Roberto Bautista Agut dan Pablo Carreno Busta dari Spanyol menjelaskan absennya Rafael Nadal dengan kemenangan kontras atas pemain Chili Christian Garin dan Alejandro Tabilo.

Carreno Busta dipaksa untuk bangkit dari ketertinggalan 0-3 di kedua set, dan sekali lagi dari 1-3 di tiebreak yang menentukan, sebelum mengatasi pemain kidal Tabilo 6-4 7-6(4) di pertandingan pertama tahun ini di Ken Rosewall Arena.

Bautista Agut kemudian menggulung nomor 17 dunia Garin 6-0 6-3 untuk memberi Spanyol keunggulan yang tak tergoyahkan dalam pertandingan Grup A tanpa memainkan nomor ganda.

Baca juga: Tim tenis Yunani nantikan kemeriahan Piala ATP di Australia
Baca juga: Prancis gantikan Austria di ATP Cup


"Hari pertama tahun ini bermain tenis masih sangat pagi," kata Bautista Agut, petenis nomor 19 dunia, dikutip dari Reuters.

"Hari ini adalah awal yang baik bagi saya, saya memainkan permainan yang sangat solid, saya merasa memiliki ritme yang baik, kecepatan yang baik pada bola, saya sangat senang," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, Federico Delbonis cukup membuat Aleksandre Metreveli kewalahan dengan kemenangan 6-1 6-2 di Sydney Super Dome untuk memberi Argentina keunggulan 1-0 dalam pertandingan Grup D mereka melawan Georgia.

Diego Schwartzman kemudian mengalahkan Nikoloz Basilashvili dengan skor yang sama sebelum Maximo Gonzalez dan Andres Molteni mengalahkan Zura Tkemaladze dan Saba Putseladze, lagi-lagi 6-1 6-2 di nomor ganda.

Edisi ketiga dari turnamen senilai 10 juta dolar AS tersebut memiliki 16 tim yang dibagi menjadi empat grup yang bermain di dua tempat di Olympic Park Sydney.

Absennya Novak Djokovic, Nadal dan Roger Federer karena berbagai alasan telah membuat acara tersebut sedikit kurang meriah, tetapi 14 dari 20 pemain top dunia sedang beraksi saat mereka bersiap untuk memulai Australian Open pada 17 Januari.

Petenis peringkat empat dunia Stefanos Tsitsipas akan memulai pertandingannya pada 2022 saat Yunani bertemu Polandia Hubert dengan melawan Hurkacz di Grup D yang dijadwalkan pada hari ini.

Daniil Medvedev, peringkat kedua dunia di belakang Djokovic, akan mewakili juara bertahan Rusia dalam pertandingan pembukaan Grup B melawan Prancis pada Minggu.

Baca juga: Djokovic mundur dari ATP Cup di Sydney
Baca juga: Pavlyuchenkova positif COVID-19 begitu tiba di Australia

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022