Jakarta (ANTARA) - Direktur Penegak Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan arus lalu lintas pada Kamis atau H-2 libur tahun baru masih terpantau lancar.

"Diprediksi peningkatan arus lalu lintas baru terjadi pada Jumat (31/12)," kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Hal tersebut disampaikannya berdasarkan pengamatan Aan di wilayah Solo dan sekitarnya. Termasuk pula arus lalu lintas di Kalikangkung, Semarang sejak Rabu (29/12) juga masih relatif lancar baik lokal maupun jalan nasional.

Baca juga: Menhub minta petugas "memanage" lalu lintas di titik rawan kemacetan

Ia mengatakan kondisi serupa juga terjadi di wilayah Sumatera. Tidak hanya jalur arteri dan tol, jalur wisata juga terpantau relatif lancar.

"Insya Allah sampai malam tahun baru mudah-mudahan ini bisa terkendali," katanya.

Sebab, sesuai dengan kebijakan pemerintah dari pusat serta Satgas COVID-19, tidak ada perayaan untuk malam tahun baru kali ini.

Lebih lanjut, terkait prediksi perihal puncak peningkatan arus libur tahun baru yang akan terjadi pada Jumat (31/12), ia memastikan telah menyiapkan sejumlah cara bertindak (CB).

Baca juga: Ancol, TMII, dan Ragunan buka terbatas saat libur Tahun Baru

"Masyarakat yang ingin pulang kampung untuk menghabiskan 1 hingga 2 Januari 2022 di kampungnya kemungkinan akan berangkat Jumat. Namun kita sudah siapkan CB-CB sehingga Insya Allah semua berjalan lancar," ujarnya.

Di samping itu, ia mengimbau agar masyarakat melewati malam tahun baru di rumah bersama keluarga. Terlebih, situasi pandemi COVID-19 belum selesai termasuk pula dengan terkonfirmasinya varian baru jenis Omicron yang telah masuk ke Indonesia.

Adapun Aan di Pos Pelayanan Terpadu GT Kalikangkung juga tampak melakukan rapat koordinasi secara virtual. Ia memantau kondisi para personel yang bertugas di titik-titik posko pengamanan dan pelayanan Operasi Lilin 2021 di wilayah Jawa Barat hingga Jawa Tengah.

Baca juga: KAI Daop Madiun tolak 1.248 calon penumpang selama libur Natal 2021

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021