Mataram (ANTARA) - Perusahaan Umum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara memberikan apresiasi terhadap prestasi Inspektur Jenderal Polisi Mohammad Iqbal selama mengemban jabatan Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat.

Perum LKBN Antara melalui Kepala Biro Nusa Tenggara Barat Riza Fahriza di Mataram, Kamis, menjabarkan sejumlah catatan prestasi gemilang dari Irjen Pol Iqbal yang kini mendapat amanah baru sebagai Kapolda Riau tersebut.

"Yang paling membanggakan itu kiprah Irjen Pol Iqbal dalam mengelola pengamanan ajang World Superbike (WSBK) 2021 pada November kemarin di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah," kata Riza.

Salah satu tolok ukur keberhasilan Irjen Iqbal, yakni mampu menepis rasa kekhawatiran masyarakat luas perihal ancaman penyebaran COVID-19 di tengah membludaknya pengunjung dalam ajang balap kelas dunia tersebut.

"Terbukti, tidak ada klaster COVID-19 baru setelah 'event' WSBK berlangsung," ujarnya.

Menurut Riza, keberhasilan itu ditopang dengan upaya Iqbal yang mampu menggandeng seluruh pemangku kepentingan di wilayah NTB dalam menyukseskan acara.

Bersama dengan TNI dan pemerintah, Iqbal mampu mewujudkan gagasannya dalam sebuah program handal Polda NTB, yakni Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru.

"Program yang digagas Irjen Iqbal ini sangat membantu masyarakat bertahan di tengah pandemi COVID-19, baik dalam mencegah penularan maupun menjaga kantong ekonomi masyarakat," ucap dia.

Bahkan untuk menangkal ancaman ancaman pandemi COVID-19, Iqbal juga telah membuat gagasan menarik, yakni Batalyon Vaksinasi yang terdiri dari tenaga profesional di bidang kesehatan.

Satuan tugas khusus yang terdiri dari tenaga medis Polri, TNI, maupun pemerintah ini mampu mewujudkan amanah Presiden RI Joko Widodo perihal 70 persen masyarakat sudah mendapatkan vaksin COVID-19.

"Berkat kerja sama yang masif di lapangan, NTB berhasil melampaui target vaksinasi 70 persen sebelum WSBK berlangsung," kata Riza.

Dengan melihat capaian itu, Riza menyempatkan diri di tengah kesibukan Irjen Pol Iqbal berpamitan dengan seluruh jajarannya di Polda NTB, untuk menyampaikan amanah dari Direktur Utama Perum LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat.

Amanah tersebut disampaikan dalam bentuk pemberian buku dengan sampul merah berjudul "Indonesia Bergerak" beserta foto berbingkai yang mendokumentasikan Irjen Pol Iqbal menerima secara simbolis ucapan terima kasih dari Dorna Sports dalam bentuk baju putih bertuliskan Sirkuit Mandalika.

Baca juga: Kapolda NTB: Penuntasan lahan Sirkuit Mandalika terus berjalan
Baca juga: Irjen Iqbal apresiasi Antara Biro NTB hadirkan kanal "polisi menyapa"

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021