Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura Support (APS), anak perusahaan PT Angkasa Pura I, meraih sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan dari RINA yang merupakan Badan Sertifikasi Internasional sehingga menandai tonggak baru bagi perusahaan.

“Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan ini merupakan langkah APS dalam melaksanakan Strategi Nasional Anti Korupsi dan Peraturan Menteri BUMN untuk menegakkan anti korupsi dan lebih transparan kepada publik," kata Direktur Utama APS Desy Sulistyorini dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Sertifikasi ISO 37001:2016 tersebut diberikan secara langsung oleh perwakilan dari RINA yaitu Enzo Di Capua selaku Country Manager RINA Indonesia dan Malaysia, Karolus Karni Lando selaku Certification Head RINA Asia Pacific serta Kevin Gautama Soesilo selaku Business Development Manager RINA Indonesia dan diterima oleh Direktur Utama APS Desy Sulistyorini yang didampingi oleh Direktur Operasi APS I Dewa Gede Mahayana.

Baca juga: AP I - Kimia Farma kerja sama layanan kesehatan di bandara

Berdasarkan data Indonesia Corruption Performance Index (CPI) tahun 2019 hingga 2020 mengalami penurunan yaitu dari 40 di tahun 2019 dan menjadi 37 di tahun 2020. ISO 37001:2016 sejalan dengan semangat Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi.

Sistem Manajemen Anti Penyuapan merupakan standar yang memiliki persyaratan dan menyediakan panduan untuk menetapkan, menerapkan, memelihara, meninjau dan meningkatkan sistem manajemen anti penyuapan. Untuk mendapatkan ISO 37001:2016, APS harus menerapkan tiga variabel yang dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi dan untuk mendapat ISO 37001-2016 harus dilakukan audit.

Enzo Di Capua menjelaskan pentingnya penerapan ISO 37001:2016 dalam upaya pemberantasan suap dan korupsi pada organisasi pemerintah dan swasta. Dengan penerapan ISO 37001:2016 maka diharapkan setiap individu dalam organisasi itu bisa bekerja dengan baik dan benar, terarah dan fokus dalam mengejar target serta tidak keluar dari rencana yang telah ditetapkan bersama.

Baca juga: AP I ungkap strategi hadapi krisis akibat pandemi

“Untuk menciptakan integritas, jujur, bebas korupsi, kolusi dan nepotisme di perusahaan kami, #KawanAPS secara konsisten menerapkan prinsip 4 NO yang memuat poin-poin penting dalam ISO 37001, yang meliputi No Kickback, No Luxury Hospitality, No Gift, dan tidak ada suap," kata Desy.

APS adalah subsidiary PT. Angkasa Pura I (Persero) yang bergerak dibidang layanan property-maintenance yang komprehensif dan terpadu, serta layanan pendukung lainnya yang dibutuhkan dalam pengelolaan sebuah bandar udara dengan standar kualitas internasional.

Melalui penyediaan sistem, layanan dan peralatan, APS mendukung induk perusahaan dalam memberikan layanan terbaik bagi penumpang ataupun pengunjung bandar udara di Indonesia.

Dengan pengalaman dalam menangani pengelolaan fasilitas bandar udara yang mempunyai kompleksitas tinggi, APS menghadirkan layanan berstandar internasional tidak hanya bagi industri kebandar-udaraan namun juga bagi pengelolaan fasilitas properti komersial atau publik lainnya, seperti rumah sakit, gedung perkantoran, termasuk layanan bisnis utama Facility Services, Equipment, Parking dan juga Information and Communication Technology (ICT).

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021