Jakarta (ANTARA) - Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengatakan semua peralatan dari eks Lembaga Biologi Molekuler Eijkman akan dipindahkan ke kawasan riset life sciences di Cibinong Science Center, Jawa Barat mulai Januari 2022.

"Baru mulai Januari 2022 perpindahannya," kata Pelaksana tugas Deputi Bidang Infrastruktur Riset dan Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Yan Rianto dalam Sarasehan Arah Riset Biologi Molekuler di BRIN di Auditorium LBM Eijkman di Jakarta, Selasa.

Sejak bergabung ke BRIN pada 2021, Lembaga Biologi Molekuler Eijkman berganti menjadi Pusat Riset Biologi Molekuler Eijkman.

Yan menuturkan tidak semua peralatan akan dipindahkan ke kawasan Cibinong Science Center, dan hanya peralatan yang memungkinkan untuk dipindahkan, namun mayoritas peralatan Eijkman akan dipindahkan ke Cibinong.

Baca juga: BRIN pindahkan Eijkman ke Cibinong Science Center

Baca juga: Eijkman fokus pada riset zoonosis dan resistensi antibiotik pada 2022


Peralatan seperti laboratorium bio safety level 3 (BSL 3) tidak dapat dipindahkan ke Cibinong sehingga laboratorium tersebut akan tetap berada di gedung eks Lembaga Biologi Molekuler Eijkman di Jakarta Pusat.

Gedung yang ditempati eks Lembaga Biologi Molekuler Eijkman tersebut secara kepemilikan merupakan aset yang dikelola oleh Kementerian Kesehatan.

Sebelumnya, Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan pihak Kementerian Kesehatan telah menyampaikan pemberitahuan sejak beberapa tahun yang lalu bahwa aset tersebut akan dimanfaatkan oleh Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM).

Oleh karena itu, BRIN mengembalikan aset tersebut ke RSCM, kecuali sebagian gedung depan akan dipertahankan untuk riset berbasis layanan terkait genomik, sekaligus mengabadikan gedung Eijkman sebagai warisan sejarah.

Baca juga: Periset Eijkman non PNS tidak otomatis jadi fungsional peneliti

Baca juga: Eijkman : Perkuat kapasitas untuk perluas cakupan tes lacak COVID-19

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021