Jakarta (ANTARA) - Konfederasi sepak bola Afrika (CAF) memberi kelonggaran para pemain dari benua itu untuk tetap memperkuat klubnya jelang putaran final Piala Afrika hingga 3 Januari 2022.

Aturan yang dikeluarkan CAF pada Minggu itu menjadi berita baik bagi sejumlah klub yang tadinya akan kehilangan banyak pemain bintang mereka karena aturan lama bahwa panggilan skuad turnamen kontinental atau Piala Dunia harus dituruti 14 hari sebelum pertandingan.

Namun, CAF memberi kelonggaran kepada para pemain yang klubnya masih berlaga di beberapa kompetisi pada 27 Desember hingga 3 Januari 2022, sebelum bergabung ke skuat timnas masing-masing dan tampil di putaran final Piala Afrika di Kamerun yang dijadwalkan dibuka pada 9 Januari.

"Keputusan ini ditempuh dengan semangat niat baik dan solidaritas bagi klub-klub terdampak bahwa mereka, seperti kebanyakan masyarakat sepak bola, terimbas pandemi Covid-19," demikian surat resmi FIFA kepada Forum Liga Dunia dan organisasi Liga Eropa sebagaimana dikutip Reuters.

Baca juga: Klub-klub Eropa ajak FIFA bahas kekhawatiran Omicron pada Piala Afrika

Kedua organisasi itu sebelumnya kerap melontarkan kritik atas waktu penyelenggaraan Piala Afrika yang berlangsung di tengah musim kompetisi klub di Eropa, mengingat banyak pemain dari benua itu berkarier di sana.

FIFA menyatakan CAF telah sepakat untuk memberi kelonggaran kepada klub.

"Dengan keputusan ini diharapkan ada semangat gotong royong antara CAF dan seluruh pemangku kepentingan terkait, termasuk soal pelepasan pemain serta pengecualian aturan bepergian dan karantina bagi pelaku olahraga bila diperlukan di masa mendatang," tulis surat yang ditandatangani Wakil Sekretaris Jenderal FIFA Mattias Grafstrom.

Waktu penyelenggaraan Piala Afrika memang sudah lama menjadi perdebatan dan sasaran protes pelatih klub, dan turnamen mendatang rencananya dimainkan pada pertengahan tahun laiknya Euro atau Copa America.

Baca juga: Yves Bissouma akhirnya bisa perkuat Mali untuk Piala Afrika
Baca juga: Osimhen masuk skuad Nigeria untuk Piala Afrika
Baca juga: Mahrez kapteni Aljazair dalam putaran final Piala Afrika

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2021