Tampaknya banyak orang yang kehilangan minat untuk memiliki anak
Vatican City (ANTARA) - Paus Fransiskus pada Minggu meratapi tingkat kelahiran yang anjlok di Italia dan memperingatkan bahwa penurunan itu merupakan ancaman bagi masa depan negara itu.

Angka kelahiran di Italia tahun lalu mencapai level terendah sejak penyatuan bangsa itu pada 1861, kata kantor statistik nasional bulan lalu. Jumlah kelahiran di sana telah menurun selama 12 tahun berturut-turut.

"Musim dingin demografik ini benar-benar mengkhawatirkan, setidaknya di sini di Italia," kata Paus dalam khotbah mingguannya di depan lapangan Santo Petrus Basilika.

"Tampaknya banyak orang yang kehilangan minat untuk memiliki anak. Banyak pasangan lebih memilih untuk tetap tak beranak atau punya satu anak saja… Ini adalah tragedi… yang bertentangan dengan keluarga kita, negara kita dan masa depan kita."

Baca juga: Paus malu Gereja tidak memprioritaskan korban pelecehan di Prancis

Menurut kantor statistik ISTAT, tahun lalu Italia mencatat 404.892 kelahiran, turun 15.192 dari 2019.

Sementara angka kematian pada tahun yang sama mencapai 746.146 dan mengurangi populasi di negara itu menjadi 59,3 juta orang.

ISTAT mengatakan turunnya angka kelahiran terus berlangsung pada tahun ini. Mereka menambahkan bahwa pandemi COVID-19 sepertinya menjadi faktor penyebab dari penurunan itu.

Sumber: Reuters

Baca juga: Paus Fransiskus serukan dialog untuk menyembuhkan dunia yang terpecah

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2021