peninjauan tersebut dilakukan sebagai upaya antisipasi mencegah terjadinya penyebaran virus COVID-19 selama libur Natal dan tahun baru 2022.
Sidoarjo (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memantau penerapan protokol kesehatan di Terminal Purabaya Surabaya dan di Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu.

"Kami bersama BNPB dan Korlantas memastikan bahwa perjalanan yang dilakukan oleh masyarakat, berjalan dengan baik," katanya di Terminal Purabaya, Minggu.

Ia mengatakan, peninjauan tersebut dilakukan sebagai upaya antisipasi mencegah terjadinya penyebaran virus COVID-19 selama libur Natal dan tahun baru 2022.

"Setiap pelaku perjalanan luar kota selama libur Natal dan Tahun Baru wajib melakukan tes antigen dan vaksinasi COVID-19 dosis kedua sebelum melakukan perjalanan luar kota," ujarnya.

Ia mengatakan, aturan ini diberlakukan untuk semua pelaku perjalanan, baik melalui darat, laut dan udara sesuai dengan instruksi Presiden untuk melayani setiap perjalanan dengan dilayani dengan baik, sopan dan lancar.

"Tapi protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan," katanya.

Ia mengatakan, setiap pelaku perjalanan wajib membawa surat bebas COVID-19 yang dibuktikan melalui surat hasil uji usap antigen. Selain itu surat vaksin dosis kedua juga wajib dibawa sebagai upaya antisipasi mencegah penyebaran COVID-19 yang bisa terjadi di tempat keramaian, seperti terminal bus, bandara dan pelabuhan.

Menhub juga mengapresiasi Pangdam, Kapolda Jatim dan pemda yang melaksanakan aturan protokol kesehatan dengan ketat.

"Tadi kami melihat, ada yang dilakukan tes antigen ada yang dilakukan vaksinasi, menunjukkan bahwa bagi mereka yang melakukan perjalanan, harus melakukan vaksinasi dan tes antigen," katanya.

Sementara itu dalam peninjauan di terminal bus Purabaya bersama Kakorlantas Mabes Polri, dan Deputi 3 BNPB, Menteri Perhubungan melihat langsung proses pemeriksaan Antigen dan vaksin bagi calon penumpang bus yang akan berangkat melalui terminal.
Baca juga: Polisi Sidoarjo ingatkan larangan mudik di Terminal Purabaya
Baca juga: Menkopolhukam kampanye protokol kesehatan ke pengemudi bus
Baca juga: Puncak pengguna angkutan bus Purabaya capai 46 ribu orang

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021