Surabaya (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD pada Sabtu pagi meninjau beberapa gereja di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, untuk memastikan ibadah Natal berjalan aman.

Mahfud meninjau Katedral Hati Kudus Yesus di Jalan Polisi Istimewa, Surabaya, didampingi oleh Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta, Panglima Komando Daerah Militer V/Brawijaya Mayjen TNI Nurcahyanto, dan Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono.

"Pagi ini saya bersyukur mendapat kesempatan berkunjung ke gereja ini untuk memastikan semuanya berjalan baik," katanya saat mengunjungi Katedral Hati Kudus Yesus.

Setelah meninjau Katedral Hati Kudus Yesus, rombongan Menko Polhukam mengunjungi Gereja Kristen Indonesia (GKI) Diponegoro Surabaya.

Menko Polhukam saat meninjau gereja menerima laporan dari Kepala Kepolisian Daerah, Panglima Komando Daerah Militer, dan pejabat pemerintah daerah bahwa kegiatan ibadah dan perayaan Natal 2021 berjalan dengan baik dan aman di Kota Surabaya.

"Ada optimisme dan kegembiraan, Insya Allah dalam kaitannya dengan Natal berjalan aman di seluruh Indonesia," kata Mahfud.

Sementara itu, Vikaris Jenderal Keuskupan Surabaya Romo Yosef Budi Susilo berterima kasih kepada Menko Polhukam yang sudah hadir untuk memastikan keamanan pelaksanaan ibadah Natal di Surabaya dan Jawa Timur.

"Kami juga selalu berkoordinasi dengan Polrestabes Surabaya, maupun Polda Jatim yang terus memonitor. Saya kira inilah yang menjadikan kami merasa aman untuk beribadah," katanya.

"Kami juga berterima kasih kepada Pangdam V/Brawijaya karena aparat TNI juga ikut mem-back up keamanan di Surabaya maupun Jatim," dia menambahkan.

Pada Jumat (24/12), Inspektur Pengawasan Umum Polri Komisaris Jenderal Polisi Agung Budi Maryoto juga meninjau gereja di Surabaya untuk mengecek keamanan pelaksanaan ibadah dan penerapan protokol pencegahan COVID-19.

Baca juga:
Presiden berharap pandemi tidak mengurangi kegembiraan perayaan Natal
Moeldoko: Jadikan Natal momentum memelihara kerukunan dan toleransi


Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021