Program Indonesia Pintar untuk memberi optimisme kepada para putra-putri Indonesia, termasuk di kabupaten ini
Gorontalo (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menyerahkan secara simbolis beasiswa Program Indonesia Pintar (PIP) bagi 1.100 siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo.

"Program Indonesia Pintar untuk memberi optimisme kepada para putra-putri Indonesia, termasuk di kabupaten ini agar tidak ragu untuk belajar," kata Rachmat Gobel di Gorontalo, Rabu.

Ia berharap para guru pun dapat benar-benar membina para siswa untuk tidak putus sekolah agar menjadi kebanggaan keluarga, bangsa dan negara.

Baca juga: Rachmat Gobel dukung perjuangan pekerja rumah tangga

Ia mengatakan tidak sedikit siswa-siswi dari desa yang mampu bersaing di tingkat nasional.

"Bahkan banyak peserta Olimpiade Matematika, diikuti pelajar dari desa, dan mereka berhasil meraih prestasi di berbagai perlombaan," katanya lagi.

Olehnya, Pemerintah Daerah, Dinas Pendidikan dan seluruh sekolah harus terus menumbuhkan optimisme dan semangat belajar bagi seluruh siswa agar tidak putus sekolah dan dapat serius mengenyam pendidikan.

Baca juga: Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel kirim bantuan untuk korban Semeru

Sehingga tidak sekadar bersekolah untuk mendapatkan ijazah namun harus mampu menjadi sumber daya manusia tanggung, berdaya saing, cerdas dan memiliki perilaku atau budi pekerti yang baik.

Rachmat pun mengatakan secara khusus meminta Kementerian Pendidikan untuk memberi banyak beasiswa dalam rangka mempersiakan SDM unggul yang dapat bersaing pada 20 hingga 30 tahun mendatang.

Baca juga: DPRD Gorontalo Utara sebut abrasi pantai Biau perlu penanganan bersama

Sebab ke depan, diharapkan generasi emas akan lahir untuk menerima tongkat estafet dalam memimpin dan membangun bangsa.

Rachmat didampingi Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin dan Wakil Ketua DPRD setempat, Roni Imran, dalam penyerahan beasiswa PIP di SMP Negeri 2 Gorontalo Utara itu.

Baca juga: Hari Menanam Pohon, Anggota DPRD Gorontalo Utara ajak warga menanam
Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel didampingi Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin dan Wakil Ketua DPRD, Roni Imran, menyerahkan beasiswa PIP kepada siswa SD dan SMP penerima, bertempat di SMP Negeri 2 Gorontalo Utara. (ANTARA/Susanti Sako)

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021