Tertinggi masih dari PMI Jakarta Timur sebesar Rp10,3 miliar kemudian diikuti oleh PMI Jakarta Selatan sebesar Rp8,1 miliar
Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengapresiasi kepedulian masyarakat dalam Bulan Dana PMI Tahun 2021 dengan menghimpun donasi mencapai Rp31,3 miliar.

Dalam laporan Bulan Dana PMI Tahun 2021, Riza menjelaskan bahwa capaian  pada tahun ini meningkat Rp2,3 miliar  dari tahun sebelumnya yang mencapai Rp29 miliar.

"Alhamdulillah telah terkumpul lebih dari Rp31 miliar, ada peningkatan dari tahun sebelumnya. Jadi di masa pandemi ini, Alhamdulillah masyarakat Jakarta memiliki kepedulian yang tinggi," kata Riza dalam laporan Bulan Dana PMI DKI Jakarta di Senayan, Jakarta Pusat, Rabu.

Riza menjelaskan bahwa himpunan dana tersebut akan digunakan untuk kegiatan kemanusiaan PMI selain transfusi darah, seperti penyediaan ambulans, bantuan alat kesehatan, paket sembako, alat pelindung diri hingga penyemprotan disinfektan.

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Kesejahteraan Sekda Pemprov DKI Jakarta Uus Kuswanto menyampaikan bahwa meskipun pandemi COVID-19 masih melanda, himpunan dana masyarakat untuk PMI melampaui target yang diberikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Meskipun masih pandemi, hasil bulan dana yang dihimpun adalah sebesar Rp31,3 miliar, sehingga mengalami kenaikan sebesar 4,9 persen dari tahun lalu, dan melebihi target yang ditetapkan Gubernur sebesar Rp26 miliar," kata Uus yang juga Ketua Bulanan Dana PMI DKI Jakarta.

Adapun perolehan himpunan dana tertinggi dalam Bulan Dana PMI DKI berasal dari PMI Jakarta Timur sebesar Rp10,3 miliar; kemudian diikuti oleh PMI Jakarta Selatan sebesar Rp8,1 miliar.

Selanjutnya, PMI Jakarta Barat memperoleh dana Rp5,3 miliar; PMI Jakarta Pusat sebanyak Rp3,2 miliar; PMI Jakarta Utara sebesar Rp2,4 miliar dan PMI Kepulauan Seribu sebesar Rp382 juta. PMI DKI Jakarta mendapat himpunan dana Rp1,3 miliar.

Sementara itu, Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi mengatakan seluruh perolehan dana ini akan dikembalikan kepada PMI masing-masing wilayah kota untuk membantu kegiatan kemanusiaan dan masyarakat setempat.

"Kami menyebutnya dana masyarakat yang dititipkan melalui PMI dan akan kami kembalikan lagi ke masyarakat dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang membantu masyarakat mengatasi kesulitan," kata Rustam.
Baca juga: PMI Jakarta Selatan kumpulkan 8,169 miliar pada Bulan Dana 2021
Baca juga: Bulan dana PMI, Pemkot Jakarta Timur berhasil kumpulkan Rp10 miliar
Baca juga: PMI DKI berharap semakin banyak warga donorkan darah

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021