Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah unggahan video di YouTube menyebut 23 daerah di Indonesia diprediksi akan tenggelam.

Unggahan itu lantas dimuat ulang di platform lain media sosial seperti di TikTok dan Facebook.

Di Facebook, video itu muncul sejak awal Desember 2021 dan salah satunya disukai lebih dari 1,7 ribu pengguna lain dan mendapatkan komentar sebanyak 841.

Berikut 23 daerah yang disebut akan tenggelam dalam video itu:
1. Jakarta
2. Papua Barat
3. Gorontalo
4. Sulawesi Barat
5. Sulawesi Tengah
6. Kalimantan Timur
7. Kalimantan Selatan
8. Kalimantan Tengah
9. Kalimantan Barat
10. Jawa Timur
11. Jawa Tengah
12. Jawa Barat
13. DKI Jakarta
14. Banten
15. Lampung
16. Sumatera Selatan
17. Bangka Belitung
18. Jambi
19. Kepulauan Riau
20. Riau
21. Sumatera Barat
22. Sumatera Utara
23. Aceh

Namun, apakah benar terdapat daftar daerah di Indonesia yang diprediksi akan tenggelam?
 
Unggahan misinformasi tentang prediksi sejumlah daerah di Indonesia akan tenggelam. (Facebook)


Penjelasan:
Video pada unggahan Facebook itu berasal dari konten akun YouTube Angka&Data Channel dan sudah dilihat sebanyak 1,4 juta kali dan disukai oleh 14 ribu pengguna YouTube.

Dilansir dari laman resmi Institut Teknologi Bandung (ITB), Kepala Laboratorium Geodesi Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB, Heri Andreas mengungkapkan penurunan permukaan tanah di DKI Jakarta memang sempat sangat mengkhawatirkan pada 2007 – 2011.

Saat itu, 14 persen wilayah Jakarta yang sudah berada di bawah laut dan akan tergenang permanen bila tidak dibuatkan tanggul dan meninggikan infrastruktur di Muara Baru, Pluit, dan sekitarnya.

Namun saat ini, Heri menepis pernyataan Presiden Amerika Serikat Joe Bidan bahwa Jakarta akan tenggelam dalam 10 tahun ke depan. Dalam kajiannya, Heri menyebut laju penurunan permukaan tanah di Jakarta sudah melandai.

Sementara, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tidak pernah mengeluarkan daftar daerah-daerah yang akan tenggelam.

Mengacu berita ANTARA, BMKG, pada Senin (20/12), mengeluarkan peringatan waspada terhadap banjir pesisir atau rob pada 18- 22 Desember 2021, akibat fenomena fase bulan purnama.

Peringatan itu ditujukan terhadap ancaman rob di Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Gorontalo, Ternate, Halmahera, Papua Barat bagian utara, dan Papua bagian utara.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo, dalam konfirmasi kepada Kompas.com, menyatakan kondisi sejumlah daerah di Indonesia tidak tepat jika disebut tenggelam.

"Tidak tepat disebut tenggelam. Banjir pesisir atau rob lebih pada genangan akibat air laut yang masuk daratan akibat pasang surut," kata Eko Prasetyo.

Klaim: Daftar daerah di Indonesia yang akan tenggelam
Rating: Misinformasi

Cek fakta: Hoaks! NU gelar lomba meriahkan Natal 2021

Baca juga: Halfeti, kota yang sempat tenggelam dan kembali ke permukaan

Baca juga: Venesia perlahan tenggelam

Pewarta: Tim JACX
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2021