Karanganyar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Karanagnyar Provinsi Jawa Tengah kembali menyalurkan bantuan berupa uang senilai Rp656,5 juta untuk membantu warga masyarakat yang menjadi korban letusan Gunu Semeru di Lumajang Jawa Timur.

Penyaluran bantuan berupa uang tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono kepada Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Bagoes Darmadi, di Karanganyar, Selasa.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan bantuan berupa uang tersebut terkumpul dari donasi para pegawai di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kabupaten Karanganyar.

Juliyatmono mengapresiasi dan merasa bangga pengumpulan donasi dengan waktu hanya sepekan melalui surat edaran kepada masing-masing OPD dan BUMD Kabupaten Karanganyar seikhlasnya dan tidak ada paksaan bisa terkumpul mencapai Rp656,5 juta.

Baca juga: BKIPM KKP serahkan bantuan untuk korban Gunung Semeru

Baca juga: Young Buddhist Association bangun hunian sementara di Lumajang


"Kami dengan sukarela, pribadi, seikhlasnya dan tidak ada paksaan memberikan sumbangan untuk saudara-saudara kita yang jadi korban letusan Gunung Semeru di Lumajang. Bantuan uang senilai Rp656,5 juta itu, telah ditransfer ke BAZNAS Kabupaten Lumajang melalui BRI," katanya.

Menurut dia, bantuan dalam bentuk lain seperti kebutuhan sembako dan lainnya di Lumajang sudah melimpah. Pihaknya mendapat informasi saat ini yang paling penting ketersediaan rumah darurat untuk warga yang menjadi korban.

"Kami tahu yang paling penting saat ini, memang rumah darurat, mereka tidak mungkin berlama-lama di tempat mengungsi. Saya kira bantuan uang ini, cukup luwes untuk membantu masyarakat terdampak," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Karanganyar Provinsi Jawa Tengah telah mengirimkan bantuan logistik dan relawan untuk membantu warga yang terdampak letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur.

Pengiriman bantuan logistik sebanyak dua armada truk dan satu mobil bak terbuka tersebut diberangkatkan langsung oleh Bupati Karanganyar Juliyatmono dengan didampingi Direktur Pudam Tirta Lawu Prihanto, selaku Komandan SAR Karanganyar.

Menurut Bupati Karanganyar Juliyatmono Pemkab Karanganyar selain mengirimkan logistik untuk korban bencana letusan Semeru, juga memberangkatkan 15 relawan dari SAR Karanganyar untuk membantu penanganan di lokasi.

Menurut Bupati pengumpulan bantuan berupa paket sembako, pakaian, dan perlengkapan lainnya termasuk untuk bayi tersebut diinisiasi oleh PUDAM Tirta Lawu Karanganyar bersama SAR setempat.*

Baca juga: KONI Jatim serahkan bantuan untuk korban terdampak Semeru

Baca juga: Ganjar Pranowo apresiasi KAGAMA bantu warga terdampak bencana Semeru

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2021