Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berharap para Olimpian Indonesia turut menyukseskan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Menpora Amali hadir sekaligus secara resmi membuka Musyawarah Nasional (Munas) Indonesia Olympian Association (IOA) ke-5 2021 di Le Meridien Hotel, Jakarta, Selasa.

"Pemerintah membutuhkan kontribusi, masukan, dan pemikiran dari para mantan atlet Olimpiade. Para mantan atlet Olimpiade tentu telah membuat sejarah melalui prestasi yang diciptakan,” kata Menpora Amali dalam sambutannya seperti dilansir laman resmi Kemenpora, Selasa.

Amali kembali menjelaskan bahwa dalam DBON, Olimpiade menjadi sasaran utama dan cabang olahraga yang mengandalkan teknik dan akurasi diminta untuk terus berprestasi.

Baca juga: Menpora: 11 provinsi yang jadi pusat pembinaan atlet sambut baik DBON

"Makanya juara itu harus kita cetak dan harus didesain. Kita sepakat dan mematok target di Olimpiade. Sekarang sudah ada pedoman yaitu DBON. Kita ingin olahraga kita ke depan makin baik," ujar Amali menambahkan.

"Kemudian, cabang olahraga yang masuk dalam DBON ini harus bisa berprestasi, kita terapkan promosi dan degradasi. Target-target ini bisa kita capai asal kita kerja sama dan jalan bersama. Pemerintah mengapresiasi dan mengharapkan kontribusi dan pemikiran dalam perjalanan kita membawa olahraga Indonesia terus maju," kata Amali menambahkan.

Sementara itu, Ketua Umum IOA Yayuk Basuki menyampaikan terima kasih kepada Amali yang telah memperhatikan olahraga di Tanah Air. IOA, kata mantan petenis nasional itu, siap berkontribusi memajukan olahraga Indonesia.

Baca juga: Menpora : Atlet berprestasi harus dicetak dalam kerangka desain

"Terima kasih atas kehadiran Bapak Menpora yang telah hadir. Semoga musyawarah nasional ini dapat memberi manfaat dan IOA siap berkontribusi dan berjalan seiring dengan pemerintah," kata Yayuk.

Menpora terus menyosialisasikan DBON yang secara resmi diluncurkan bertepatan pada peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-38 pada 9 September 2021.

Amali juga menyebut 11 provinsi yang bakal menjadi pusat pembinaan atlet menyambut baik adanya DBON. Semua pimpinan daerah, kata Amali, berkomitmen untuk segera menyiapkan langkah-langkah dalam mengimplementasikan Perpres nomor 86 tahun 2021.

Meski antara daerah yang satu dengan daerah lain memiliki kondisi yang berbeda, pada intinya target dalam DBON sama yaitu menuju prestasi Olimpiade.

"Daerah menyambut itu, artinya setiap daerah harus berkontribusi untuk cita-cita besar, target besar, dan sesuai dengan potensi di daerahnya,” kata pria asal Gorontalo tersebut.

Menurutnya, pimpinan daerah juga mengharapkan dukungan dari pemerintah pusat terutama terkait sarana dan prasarana olahraga. Sehingga pada saatnya nanti akan punya standar yang sama untuk menghasilkan satu prestasi yang menjadi kebanggaan buat bangsa.

Baca juga: Olimpian dukung DBON dengan asa prestasi atlet meningkat di Olimpiade

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2021