Jakarta (ANTARA) - Indonesia memiliki potensi yang besar terhadap perkembangan tren Non-Fungible Token (NFT) atau karya digital berbasis teknologi blockchain karena banyaknya kreator konten lokal dengan kreativitas yang luar biasa, menurut Direktur Utama PT Bumilangit Digital Mediatama (BLDX) Budiasto Kusuma.

"Saya lihat Indonesia ini potensinya sangat besar ya. Banyak kreator lokal yang luar bisa. Kita lihat (NFT) jadi wadah untuk kreator mendapatkan penghargaan dari sektor digital," kata Budi di Jakarta, Selasa.

"Dengan adanya sarana teknologi baru, kita lihat kreator konten ini ladangnya menjadi semakin luas. Tidak cuma di lokal, tapi juga di global," lanjutnya.

Baca juga: "Oxygen for Indonesia" rampungkan dana Rp10 miliar lewat NFT

Sementara itu, VP Licensing & Merchandising Bumilangit Entertainment Agung Rachmawan menambahkan, NFT dapat menjadi wadah bagi para kreator lokal untuk mengembangkan dan mengamankan aset sambil mengglobalisasikan karakter lokal ke mata dunia.

"Kalau saya dari sisi Bumilangit Entertainment sebagai kreator, kami lihat bahwa NFT ini sebagai wadah untuk mengembangkan dan mengamankan aset-aset lokal. Jadi karakter ini bisa kita digitalisasikan, bisa kita amankan, dan ini salah satu cara untuk mengglobalisasikan karakter lokal," ujar dia.

Selain itu, menurut Budi, NFT juga dapat menjadi alat untuk menarik keterikatan masyarakat terutama para penggemar intelektual properti tertentu yang sebelumnya telah dibangun.

Sebagai contoh, BDLX pada Selasa meluncurkan NFT dari karakter Gundala dan Sri Asih versi komik legendaris Indonesia dalam bentim video, gif, dan image, yang akan memberikan kesempatan bagi para penggemarnya untuk menikmati koleksi seni digital berbasis karakter-karakter tersebut.

Sebagai informasi, NFT merupakan aset digital yang mewakili objek di dunia nyata dan dapat diperjualbelikan dengan autentifikasi menggunakan teknologi blockchain.

Saat ini, NFT tengah naik daun karena dianggap dapat mempermudah para kreator konten untuk mempromosikan karya-karya digital mereka.

Baca juga: NFT perdana Bumilangit rilis, Gundala langsung laris diserbu kolektor

Baca juga: Demo langka Whitney Houston terjual 1 juta dolar dilelang NFT

Baca juga: Marvel jadikan Spiderman sebagai aset NFT pertamanya

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021