Jakarta (ANTARA) - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meluncurkan aplikasi digital untuk pemantauan digital yang disebut K3I (Kendali, Koordinasi, Komunikasi, dan Informasi).

"Masalah penanganan lalu lintas tidak bisa ditangani oleh kami sendiri. Ini menjawab bagaimana kecepatan pelayanan kami terapkan langsung kepada masyarakat," kata Kepala Korlantas Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Peluncuran aplikasi itu dilakukan Kakorlantas didampingi Dirut Jasa Raharja dan Perwakilan Jasa Marga di Gedung National Traffic Management Center (NTMC) Jakarta, Senin (20/12).

"K3I ini sebagai nyawa dari pusat kendali dan operasional kami. Di dalamnya, didukung data-data yang selalu terbarukan. Nanti masyarakat bisa melihat apa yang menjadi kebutuhan informasinya," kata Firman menjelaskan.

Di dalam aplikasi K3I, kata dia, terdapat menu dan fitur yang dapat memberikan banyak manfaat. Tidak hanya terkait dengan informasi dan data fasilitas umum, tetapi juga terkait dengan traffic (lalu lintas).

"Didukung data-data yang ada, ini akan menjadi perangkat yang mendukung pengambilan keputusan. Kalau ada peristiwa di jalan, terpantau dari CCTV Jasa Marga," kata Firman menegaskan.

Untuk pelayanan langsung, K3I menyediakan call center dan chatbot yang akan selalu siaga menjawab pertanyaan masyarakat. Selain itu, ada Samsat Digital (SIGNAL) dan SIM Nasional Presisi yang siap memudahkan masyarakat dalam pembuatan dokumen berkendara.

"Kami bisa tahu persis secara aktual secara real time, bisa mengikuti informasi-informasi ini, termasuk masyarakat. Siapa saja bisa manfaatkan langsung dengan operator yang ada di NTMC ini," kata Firman.

Kakorlantas berharap masyarakat memanfaatkan semaksimal mungkin pelayanan-pelayanan oleh Kepolisian Republik Indonesia, termasuk aplikasi K3I.

Baca juga: Jasa Raharja tingkatkan pelayanan publik dengan transformasi digital

Baca juga: Junimart: Digitalisasi data tingkatkan kualitas pelayanan publik

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021