Subang (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melepas ekspor perdana kendaraan ke berbagai negara tujuan di PT Pelabuhan Patimban Internasional (PPI), dan itu merupakan salah satu keberhasilan pemerintah dalam membangun pelabuhan.

"Hari ini sejarah baru pemerintah berhasil membangun satu pelabuhan lagi," kata Menhub Budi di Subang, Jumat saat meluncurkan ekspor perdana kendaraan di Pelabuhan Patimban.

Menteri mengatakan pada ekspor perdana kendaraan di Pelabuhan Patimban, diharapkan bisa meningkatkan daya saing logistik secara nasional.

Menurutnya Pelabuhan Patimban merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan indeks logistik nasional, agar bisa bersaing dengan negara di Asia Tenggara.

Untuk itu Menhub menginginkan PPI  sebagai pengelola Pelabuhan Patimban bekerja sama dengan PT Pelindo, agar logistik nasional bisa bersaing.

"Pesan Presiden bahwa Pelabuhan Patimban adalah satu upaya pemerintah, untuk meningkatkan indeks logistik nasional dan berkolaborasi dengan Tanjung Priok untuk memiliki daya saing di kawasan Asia Tenggara," tuturnya.

Menhub menambahkan Pelabuhan Patimban yang dikelola oleh kekuatan swasta nasional, diharapkan bisa meningkatkan kemampuan logistik yang baik.

Ia juga berharap nantinya, Pelabuhan Patimban tidak hanya untuk ekspor kendaraan, namun juga produk nasional lainnya bisa memanfaatkan.

"Saya yakin karena kekuatan swasta nasional sudah hadir di sini dan juga dengan support dari Jepang kita menjadi simbol meningkatkannya kemampuan logistik yang baik," katanya.


Baca juga: Menhub apresiasi komitmen Jepang untuk Car Terminal Pelabuhan Patimban
Baca juga: Menhub berharap 17 Desember sudah mulai ekspor dari Pelabuhan Patimban
Baca juga: Menhub optimistis Patimban mampu kalahkan Shanghai dan Singapura

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021