Medan (ANTARA) - Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution menyatakan Kota Medan siap menjadi tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional (HPN) pada 2023.

"Dengan terpilihnya Kota Medan jadi tuan rumah nantinya, maka diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Medan," kata Bobby di Medan, Kamis saat menerima pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara didampingi sejumlah pimpinan OPD terkait di Kantor Wali Kota Medan.

Apalagi, lanjut Bobby, wartawan yang akan mengikuti kegiatan HPN tersebut tidak hanya berasal dari Tanah Air saja, melainkan juga dari negara Asia lainnya.

Wali kota mengaku Pemkot Medan tentunya akan berbenah terlebih dahulu, sehingga wajah kota akan mengalami perubahan yang jauh lebih baik dalam menyambut HPN itu.

"Kami memerlukan dukungan dari teman-teman wartawan agar menyampaikan informasi lebih masif ke masyarakat untuk ikut serta mewujudkan program prioritas Pemkot Medan," terang Bobby.

Wali kota juga menyambut baik keinginan PWI Sumatera Utara dalam membantu wartawan yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri.

"Nanti saya coba hubungkan ke pak rektor USU (Universitas Sumatera Utara) agar dibuatkan (MoU) pelaksanaan pendidikan bagi wartawan," katanya.

"Jadi USU memberikan fasilitas kuliah, Pemkot Medan memberikan beasiswa dan PWI Sumut menyediakan sumber daya manusianya," jelas Wali Kota Bobby.

Ketua PWI Sumatera Utara, Farianda Putra Sinik, menyampaikan tawaran PWI pusat untuk menjadikan Kota Medan sebagai tuan rumah pada kegiatan HPN 2023.

"Selain itu kami juga ingin mengundang bapak Wali Kota Medan dalam pelantikan pengurus PWI Sumut di Hotel Garuda Plaza pada 18 Desember 2021," ucap dia.

"Kami berharap kepada pak wali agar mengadakan UKW, karena hal ini sangat penting bagi wartawan. Kalau bisa pak wali juga membantu wartawan yang ingin melanjutkan pendidikan, karena untuk menjadi wartawan itu harus di didik," kata Farianda.

Baca juga: PWI diajak Menteri LHK gaungkan isu kepedulian lingkungan pada HPN
Baca juga: Sambut HPN 2021, Pelni ajak penumpang nikmati pelayaran kelas satu

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Suharto
Copyright © ANTARA 2021