Jakarta (ANTARA) -
Partai Solidaritas Indonesia menggelar acara bimbingan teknis (bimtek) nasional untuk seluruh anggota DPRD dari PSI demi meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.
 
Ketua Umum DPP PSI Giring Ganesha dalam keterangannya diterima di Jakarta, Kamis, mengatakan bimbingan teknis (bimtek) telah digelar sejak 14 Desember dan berakhir pada 17 Desember 2021.
 
“Ini adalah wujud upaya DPP PSI untuk mendukung kerja para anggota legislatif, kami tidak membiarkan mereka sendiri. Kami menggelar acara ini untuk meningkatkan kecakapan teknokratis dan politis para peserta," kata .
 
Dengan mengikuti acara itu kata Giring, diharapkan kemampuan para peserta semakin meningkat dalam bekerja sebagai wakil rakyat.

Baca juga: PSI minta Pemprov DKI percepat vaksinasi usia 6-11 tahun
 
Sebenarnya, rencana bimbingan teknis sudah diagendakan sejak lama. Namun, lanjut Giring, pandemi COVID-19 membuat rencana tertunda.
 
“Untuk selanjutnya, kami akan membuat acara ini secara rutin. Ini menjadi ajang silaturahmi, wadah bertukar cerita dan gagasan di antara kami,” kata Giring.
 
Sementara itu, Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni menyatakan ada tiga hal yang membuatnya optimis PSI mampu lolos ke Senayan pada Pemilu 2024.
 
Pertama, sampai hari PSI masih konsisten memegang nilai-nilai yang dideklarasikan sejak awal.

Baca juga: PSI dukung kebijakan Sri Mulyani pangkas anggaran MPR
 
“Soal anti-korupsi, alhamdulillah, tidak ada kader PSI yang ditangkap karena mengambil uang rakyat. Kita juga selalu bersuara ketika terjadi tindakan intoleransi,” kata Toni.
 
Kedua, kata Toni sekarang PSI memiliki infrastruktur partai yang jauh lebih siap untuk bertarung secara elektoral. Hal itu berbeda dengan pengalaman di Pemilu 2019.
 
Sumber optimisme ketiga adalah anggota legislatif PSI yang tetap memegang teguh amanat rakyat dan tidak menyalahgunakan jabatan.
 
“Politik itu mulia, harus dijaga. PSI akan konsisten membuat diferensiasi, memegang teguh agar politik selalu menjadi pengabdian pada rakyat, bukan untuk memperkaya diri sendiri,” ujar Toni.

Baca juga: PSI ajak Greenpeace kolaborasi selamatkan lingkungan

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2021