Makassar (ANTARA News) - Vihara Girinaga yang terletak di Jalan Gunung Salahutu II Makassar menggelar malam 1.000 pelita menjelang peringatan Hari Raya Waisak yang jatuh pada Selasa, (17/5).

Ratusan umat Buddha merayakan malam purnama sidik bagi umat Buddha dengan menyalakan 1.000 pelita dengan mengelilingi pohon bodhi yang terletak di halaman vihara sebanyak tiga kali.

Mereka mengelilingi pohon bodhi yang diyakini sebagai objek suci sesuai dengan arah jarum jam yang dikenal dengan istilah "pradaksina". Tampak ribuan lilin mengelilingi pohon bodhi yang terletak di halaman vihara itu yang menyalakan 1.000 pelita untuk sejuta harapan .

Ketua Vihara Girinaga Makassar Roy Ruslim di Makassar, Senin, mengatakan Biksu Sangha dari negeri Kamboja juga didatangkan untuk melaksanakan ritual "pindapatta" yang merupakan suatu tradisi turun temurun yang telah berjalan sejak zaman Buddha Gautama.

Biksu yang didatangkan dari negeri Kamboja itu akan berjalan mulai dari ujung Jalan Tentara Pelajar memutar hingga menuju ujung Jalan Riburane Makassar mulai pukul 06.00 wita.

"Bagi umat Buddha yang memberikan dana untuk makanan pada para biksu merupakan kegiatan mempraktekkan dhamma (kebaikan)," ucap dia. (*)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011