Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga meminta para ibu tetap memantau perkembangan anaknya yang disekolahkan di lembaga pendidikan berasrama untuk mencegah kejahatan.

"Pentingnya peranan ibu peka terhadap perkembangan anak, jangan terlalu percaya walaupun anak-anak berada di lembaga pendidikan yang kita anggap aman," kata Menteri Bintang dalam acara Bazar Virtual Marketplace Produk Unggulan Perempuan Pelaku UMKM yang bertajuk "Belanja Yuk!" yang diikuti secara daring di Jakarta, Rabu.

Menurut dia, pengawasan orang tua, terutama ibu, sangat penting untuk mencegah terjadinya hal-hal buruk yang menimpa anak selama jauh dari orang tua.

"Kontrol orang tua, peran ibu itu menjadi sangat penting," katanya.

Terkait kasus pemerkosaan terhadap 13 siswi yang dilakukan seorang guru di lembaga pendidikan berasrama di Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat, pihaknya menyampaikan kasus tersebut sudah ditangani dengan baik oleh Pemprov Jawa Barat.

"Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah menangani kasus itu dengan baik, memberikan pendampingan dengan baik kepada anak-anak kita yang menjadi korban terkait kasus kemarin," tuturnya.

Saat ini, lembaga pendidikan berasrama yang berlokasi di Cibiru, Bandung, tersebut telah ditutup oleh Polda Jawa Barat.

Para korban dan saksi yang sebelumnya diamankan di UPTD PPA pun telah direintegrasi kepada keluarganya masing-masing.

Sementara pelaku disangkakan Undang-Undang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman 5-15 tahun penjara.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021