Jakarta (ANTARA) - Kebakaran melanda Pasar Gaplok, Kelurahan Kramat, Senen, Jakarta Pusat, pada Rabu pagi dan untuk memadamkan kobaran api dikerahkan sebanyak 17 armada.

Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Pusat Asril Rizal mengatakan, petugas menerima informasi kebakaran pada pukul 08.37 WIB.

"Objek terbakar rumah penduduk," kata Asril di Jakarta, Rabu.

Asril menjelaskan pihaknya sudah mengerahkan 17 mobil damkar berikut pendukung dan total personel 68 orang. Pemadaman di lokasi telah dilakukan sejak 08.42 WIB.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Seksi Operasional Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat Achmad Syaiful Kahfi menjelaskan, petugas sudah melakukan pendinginan di lokasi terbakar.

"Saat ini sudah pendinginan. Sudah padam sekitar pukul 09.30 WIB," kata Achmad.

Baca juga: Kebakaran di gudang elektronik Mangga Dua Jakarta Pusat
Baca juga: Kebakaran terjadi di sebuah warung soto di Sawah Besar


Sementara itu, puluhan kios di Pasar Gaplok ludes terbakar akibat adanya arus pendek listrik (korsleting) di salah satu rumah kontrakan.

Salah satu pedagang, Dewi mengatakan, api berasal dari salah satu rumah kontrakan yang ditinggal pemiliknya. Saat itu kontrakan yang berlantai dua api sudah terlihat api membumbung tinggi di rumah kontrakan tersebut.

"Tadi api sudah terlihat membesar di lantai dua kontrakan tersebut. Api terlihat sekitar pukul 08.30 WIB," kata Dewi.

Ia mengatakan, tidak sempat menyelamatkan dagangan seperti buah dan sembako. "Tidak semua bisa saya selamatkan, ludes kios dan dagangan saya," terangnya.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021