Solo (ANTARA) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menambah empat guru besar dari berbagai bidang jelang akhir tahun 2021.

Salah satu guru besar Eddy Triharyanto di Solo, Selasa, mengatakan pada pengukuhan guru besar yang dilakukan dalam Sidang Senat Akademik Terbuka UNS di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS besok (Rabu, 15/12), akan menyampaikan pidato pengukuhan dengan judul "Peran Bahan Tanam dalam Meningkatkan Produktivitas dan Kualitas Hortikultura".

"Hortikultura merupakan perpaduan antara ilmu, teknologi, seni, dan ekonomi," kata pria yang tercatat sebagai guru besar ke-244 UNS dan ke-37 FP UNS tersebut.

Baca juga: Hadapi kemajuan iptek, Rektor UNS ajak generasi muda terus berinovasi

Menurut dia, saat ini praktik pertanian hortikultura modern berkembang berdasarkan pengembangan ilmu yang menghasilkan teknologi untuk memproduksi dan menangani komoditas hortikultura yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan ekonomi.

Bahkan, lanjutnya, produk hortikultura memiliki kapasitas permintaan yang tinggi dengan peluang variasi jenis produk yang beragam mulai dari produk segar hingga beragam produk olahan.

"Permintaan tinggi ini karena produk hortikultura khususnya sayuran dan buah-buahan merupakan sumber makanan dan gizi penting. Rata-rata asupan buah perkapita harus di atas 200 gram atau sekitar 50 Kkal/hari dan sayuran harus di atas 250 gram atau sekitar 62,5 Kkal/hari untuk memenuhi pedoman gizi (WHO)," katanya.

Ia mengatakan asupan buah penduduk Indonesia masih jauh dari standar yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Secara rata-rata, dalam kurun sepuluh tahun itu konsumsi buah penduduk Indonesia hanya naik 15 persen, dari 39,44 kilo kalori menjadi 45,37 Kkal. Selain itu, konsumsi sayuran penduduk Indonesia tergolong rendah, rata-rata di kisaran 29 sampai 39 kkal/orang/hari," katanya.

Baca juga: Pastikan prokes baik, UNS belum akan tambah jumlah peserta PTM

Baca juga: Mahasiswa UNS ciptakan inovasi untuk bantu budidaya sayur


Ia mengatakan secara umum dalam budi daya tanaman hortikultura, pemilihan bahan tanam bermutu menjadi kunci keberhasilan dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil hortikultura.

"Untuk itu, menumbuhkembangkan industri perbenihan nasional menjadi hal yang harus mendapatkan perhatian semua pihak," katanya.

Selain Eddy, tiga guru besar lain yang akan dikukuhkan pada hari yang sama, di antaranya Sayekti Wahyuningsih yang merupakan Guru Besar Bidang Ilmu Kimia Fotokatalis pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Agung Tri Wijayanta sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Mesin Fakultas Teknik (FT), dan Guru Besar Bidang Ilmu Fisika Material Sel Surya FMIPA.

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021