Terus terang DBON ini cakupannya luas karena ini juga terkait tentang revisi UU SKN No. 3 Tahun 2005
Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Olimpian Indonesia atau Indonesian Olympian Association (IOA) mendukung penuh lahirnya Perpres No 86 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dengan harapan prestasi atlet Indonesia terus meningkat di pentas Olimpiade.

Ketua Umum IOA Yayuk Basuki mengatakan pihaknya juga berkomitmen memberikan kontribusi untuk kemajuan olahraga nasional.

"Terus terang DBON ini cakupannya luas karena ini juga terkait tentang revisi UU SKN No. 3 Tahun 2005. Jadi kami semua berharap dengan DBON akan lebih baik dan menjadi cikal bakal Indonesia ke depannya. Karena itu dengan adanya DBON kami mendukung. Intinya ini untuk kemajuan olahraga Indonesia," ujar Yayuk usai bertemu dengan Menpora Zainudin Amali, Senin (13/12) sore seperti dilansir laman resmi Kemenpora.

Baca juga: Menpora sosialisasikan DBON di Kaltim

Yayuk mengapresiasi langkah Menpora Amali yang sudah melahirkan DBON dengan melibatkan akademisi dan pelaku olahraga di Indonesia. Menurutnya hal ini mempererat sinergi antara akademisi dan pelaku olahraga dan bisa membuahkan hasil lebih baik.

Sementara itu, Menpora Amali mengatakan IOA yang berisikan para atlet yang pernah tampil di Olimpiade dapat membagi pengalaman dan masukan untuk bisa mencetak atlet berprestasi.

"Pemerintah mengapresiasi kehadiran dari pada Olimpian yang sudah berjasa dan berpengalaman dalam membanggakan Indonesia dari Olimpiade ke Olimpiade. Ini sejalan dengan harapan Indonesia tentang DBON," kata Amali.

Dalam DBON juga terdapat target untuk berprestasi di ajang internasional seperti Olimpiade. Diharapkan peringkat Indonesia makin meningkat. Ujungnya, tepat 100 tahun Indonesia merdeka atau pada Olimpiade 2044, peringkat Indonesia ditargetkan masuk posisi lima besar dunia.

Sementara sasaran antara adalah sukses pada Asian Games, Asian Para Games, SEA Games, ASEAN Para Games. Amali optimistis DBON bisa berjalan dengan maksimal jika seluruh pemangku kepentingan olahraga di pusat dan daerah saling bersinergi dan memberikan dukungan.

Baca juga: KONI Pusat dan Provinsi berkomitmen dukung implementasi DBON
Baca juga: Atlet berharap DBON terimplimentasi dengan baik sampai ke akar rumput
Baca juga: Unimed dukung DBON untuk kemajuan olahraga Indonesia

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2021