Denpasar (ANTARA) - Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Bupati Lumajang Thoriqul Haq yang telah mendukung perbaikan beberapa bagian dari Pura Ranu Pane dengan sangat cepat.

"Baru Bulan Juni lalu kami bertemu dengan pak bupati saat piodalan. Kami coba buatkan sketsa wantilannya dan jalan menuju jeroan yang seperti terlihat sekarang, sudah terbangun," kata wagub dalam keterangan tertulisnya di Denpasar, Selasa.

Wagub menyampaikan hal tersebut di sela-sela melakukan persembahyangan di Pura Ranu Pane yang terletak di Desa Ranu Pani, Lumajang, Provinsi Jawa Timur, pada Senin (13/12).

Acara persembahyangan juga dirangkaikan dengan acara penyerahan bantuan peduli bencana Gunung Semeru.

Dalam acara tersebut turut dihadiri Bupati Jembrana Nengah Tamba, Kepala Biro Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Bali Ketut Sukra Negara dan Kepala BPBD Bali Made Rentin serta jajaran di lingkungan Pemprov Bali.

Terkait keberadaan Pura Ranu Pane, Wagub Bali mengatkan masih sedikit umat yang mengetahui lokasi dari pura ini dikarenakan untuk mencapainya diperlukan waktu kurang lebih dua jam menelusuri areal perbukitan (lereng Tengger).

Pura itu terletak di daerah Senduro, Lumajang, Jawa Timur. Lokasinya berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo di arah utara, Kabupaten Jember di arah timur, Samudra Hindia di selatan dan Kota Malang di arah barat.

Wagub yang biasa disapa Cok Ace itu sempat menunjukkan foto hasil jepretan gawai pribadinya saat pertama kali datang bersembahyang di pura tersebut pada Tahun 1991, saat itu jalan masih setapak sehingga tidak bisa dilalui kendaraan roda empat.

Dengan menggunakan kendaraan roda empat jenis off roader serta berbekalkan mesin gergaji kayu untuk memotong ranting-ranting dan pepohonan liar, akhirnya Cok Ace saat itu bersama rombongan berhasil mencapai lokasi pura.

Dari kondisi tersebut, ia mengawali dukungan pembangunan pura yang juga melibatkan pemerintah setempat, sehingga kondisi Pura Ranu Pane bisa terlihat lebih megah seperti saat ini.

Beberapa pembangunan pun mendapatkan bantuan dari Pemerintah Lumajang, seperti pembangunan candi bentar dan penyengker (tembok pembatas) yang belum sepenuhnya selesai, jalan undagan, serta bangunan wantilan.

Selain melaksanakan persembahyangan di Pura Ranu Pane, Wagub Cok Ace beserta rombongan juga berkesempatan melaksanakan persembahyangan di Pura Giri Mandara Semeru Agung, Senduro, Lumajang.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2021