Kota Depok mendapat penghargaan kota terbaik untuk kategori Smart Living.
Depok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat, berhasil mendapatkan penghargaan Smart City atau Kota Cerdas untuk kategori Samrt Living dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang akan diserahkan langsung oleh Menteri Kominfo, Johnny G. Plate.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Manto di Depok, Selasa, mengatakan Kota Depok mendapat penghargaan kota terbaik untuk kategori Smart Living.

Nama quick win yang masuk yaitu Depok Smart Pole (DSP), leading sector program inovasi Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok.

Baca juga: Mendagri dorong penerapan "smart city" untuk pemerintahan efisien

"DSP merupakan salah satu capaian program Smart Living dari enam dimensi Smart City. Terdapat beberapa poin yang masuk dalam DSP ini," ujarnya.

Dikatakannya, DSP terdiri dari penerangan jalan umum (PJU) yang terpasang sebanyak 8.492 unit. Sebanyak 469 di antaranya berupa Smart PJU. Kemudian, penerangan jalan lingkungan telah terpasang sebanyak 3.692 unit.

"Selanjutnya, untuk pengadaan dan pemeliharaan CCTV pemantauan arus lalu lintas, CCTV jenis PTZ sudah terpasang 16 unit dan CCTV jenis PIX sudah terpasang 40 unit," terangnya.

Baca juga: Kemendagri: Membangun "smart city" harus sesuai kebutuhan masyarakat

Manto berharap, ke depan program DSP ini benar-benar optimal dilaksanakan dan dibangun secara terencana dengan baik.

"Alhamdulillah atas penghargaan ini. Mudah-mudahan bisa menjadi pemicu dan pemacu agar DSP lebih bisa dioptimalkan," tutupnya.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2021