Makassar (ANTARA News) - Sebanyak 16 mahasiswa Universitas Hasanuddin memperebutkan tiket menjadi peserta Kuliah Kerja Nyata internasional yang akan dilaksanakan di Jepang, Oktober 2011.

"Kita membuat lompatan baru merintis dan sementara berjalan, yaitu KKN internasional ke Jepang," kata Hasrullah, kepala UPT KKN pada acara silaturahmi Rektor Unhas Idrus A Paturusi dengan para dekan fakultas serta staf ahli dan supervisor KKN Unhas di Makassar, Rabu.

Silaturahmi bertujuan mengobarkan semangat yang selama ini terkesan "redup" di kalangan petinggi Unhas karena faktor komunikasi dan koordinasi yang belum optimal.

Rektor Unhas Idrus A Paturusi menegaskan, UPT KKN kini sudah berada pada "on the right man on the right place" (dipegang oleh figur yang sesuai kapabilitasnya). Diharapkan ke depan, ada mahasiswa Unhas yang ikut dalam program KKN internasional.

Sebab kemungkinan sudah akan ada mahasiswa asal Jepang yang juga ikut KKN di Indonesia.

"Khusus mengenai KKN tematik, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan pemerintah setempat. Kalau kita berkunjung ke lokasi KKN, tidak hanya meresmikan pintu gerbang lalu dilabeli dengan KKN angkatan sekian yang terjadi," ujar Idrus Paturusi.

Dalam pelaksanaan KKN ini yang penting adalah ada perbaikan pelaksanaan kegiatan dan adanya database hasil KKN di suatu daerah. Oleh sebab itu, kelak tidak perlu lagi ada pelaksanaan KKN terpisah-pisah, seperti KKN profesi yang dilaksanakan sendiri oleh beberapa fakultas.(*)
(T.KR-HK/M027)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011