Musim liburan dipastikan akan terjadi kepadatan arus lalu lintas
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Lima polisi resor (Polres) di wilayah Bogor, Sukabumi dan Cianjur bergabung untuk memperkuat koordinasi dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 pada musim liburan Natal dan Tahun Baru 2022.

"Pada musim liburan dipastikan akan terjadi kepadatan arus lalu lintas menuju objek wisata di yang ada di lima daerah yakni Kota/Kabupaten Sukabumi, Kota/Kabupaten Bogor dan Kabupaten Cianjur, bahkan diperkirakan objek wisata akan dipenuhi wisatawan yang datang dari berbagai daerah sehingga rawan terjadi penyebaran COVID-19, maka dari itu kami berkoordinasi dalam upaya melakukan pencegahan," kata Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah di Sukabumi, Sabtu.

Menurut Dedy, tempat-tempat wisata dipastikan akan dipadati oleh masyarakat atau wisatawan yang sudah lama haus akan liburan akibat pandemi COVID-19, untuk mengantisipasi hal tersebut lima polres mengatur strategi agar di masa liburan untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus COVID-19 setelah musim liburan berakhir.

Tentunya dalam upaya pencegahan penyebaran virus mematikan ini pihaknya akan menggunakan cara yang humanis agar baik masyarakat maupun wisatawan nyaman selama berwisata dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, koordinasi ini dilakukan untuk mengatasi jika terjadi lonjakan kedatangan wisatawan ke berbagai objek wisata di Sukabumi, Bogor dan Cianjur agar tidak terjadi penumpukan wisatawan di satu titik.

Baca juga: Kapolri paparkan strategi cegah lonjakan COVID-19 Natal-Tahun Baru

Baca juga: Polri optimalkan pengawasan mobilitas warga pada Natal-Tahun Baru 2022


"Kami pun sudah membentuk tim yang bertugas untuk mengurai kepadatan wisatawan sekaligus memberikan imbauan untuk tetap menjaga jarak dan menggunakan masker selama berada di objek wisata," tambahnya.

Di sisi lain, Dedy pun memperkirakan pada liburan perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 arus lalu lintas akan mengalami kepadatan khususnya di wilayah hukum Polres Sukabumi. Karena itu, tim pengurai kemacetan pun sudah terbentuk dan disiagakan di titik-titik rawan kemacetan.

Lanjut dia, Kapolda Jabar pun sudah menginstruksikan agar pada musim liburan tim pengurai harus bergerak cepat dan mengambil keputusan jika volume kendaraan meningkat antisipasi terjadinya kemacetan atau kepadatan arus lalu lintas.

Petugas yang disiagakan di titik rawan terjadinya kepadatan kendaraan , tugasnya tidak hanya sebatas mengatur arus lalu lintas tetapi ikut memberikan imbauan kepada pengendara tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

"Kita tetap jaga kondusivitas dan selalu humanis ketika melakukan pengamanan Natal dan Tahun Baru," katanya. 

Baca juga: Kapolri perintahkan jajaran fokus cegah lonjakan COVID-19 akhir tahun

Baca juga: Polri siapkan konsep pengamanan Natal dan Tahun Baru 2022

 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2021