Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru sekolah dalam memberdayakan generasi muda agar siap bertransformasi dan adaptif terhadap revolusi industri 4.0
Jakarta (ANTARA) - PT Pamapersada Nusantara (PAMA) berkolaborasi dengan Orbit Future Academy menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul berbasis digital di sekitar wilayah tambang yang berdaya pikir inovatif dan kreatif, sehingga tetap kompetitif dan sanggup beradaptasi dengan perkembangan zaman digital.

PAMA bersama Orbit Future Academy mengadakan program Sekolah 4.0 untuk sejumlah sekolah binaan di Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sumatera Selatan.

"Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru sekolah dalam memberdayakan generasi muda agar siap bertransformasi dan adaptif terhadap revolusi industri 4.0," ujar Direktur PAMA Ari Sutrisno dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Kamis.

PAMA memberikan program ini untuk 22 sekolah binaan BKK Center yang berada di Kalimantan dan Sumatera, dengan total 220 guru dan 2.200 pelajar yang akan mengikuti program ini.

Ari berharap program ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan para pengajar, sehingga menghasilkan metode mengajar yang efektif dan mudah diterima oleh pelajar.

Di samping itu, program ini bertujuan agar para pelajar memiliki keterampilan artificial intelligence yang dapat bermanfaat bagi sektor pertambangan dan menjadi bekal bagi pelajar untuk memasuki dunia kerja.

Co-Founder & President Commissioner Orbit Future Academy Ilham Akbar Habibie menuturkan program Sekolah 4.0 merupakan salah satu inisiatif penting untuk meningkatkan keterampilan digital sekolah-sekolah yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia, termasuk di area pelosok yang terpencil sekalipun.

Program inovatif ini akan membawa kesetaraan distribusi ilmu dan penyederhanaan metode pembelajaran digital, sehingga generasi muda kita siap dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk pekerjaan dan karir di masa mendatang.

"Kami senang dan bangga dapat berkolaborasi bersama rekan-rekan pegiat CSR yang percaya pada pentingnya pembangunan SDM untuk membangun Indonesia yang lebih baik lagi,” terang Ilham.

Plt. Kepala Bidang Pembinaan SMK - Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur Taufiqur Rohman mengatakan program Sekolah 4.0 merupakan wujud nyata meningkatkan kapasitas para peserta didik demi tetap relevan dengan kebutuhan dunia ketenagakerjaan masa depan, khususnya dalam hal akhlak, kompetensi, kemampuan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.

Program Sekolah 4.0 secara perdana dimulai pada 6 Desember 2021 selama enam bulan ke depan, di mama program ini fokus membina generasi muda dan guru, terutama untuk mengembangkan SDM berkualitas yang relevan bagi kebutuhan industri di masa depan, baik sebagai pencipta lapangan kerja maupun sebagai pencari kerja.

Baca juga: Bank Mandiri dan Orbit Future Academy siapkan siswa berbasis digital
Baca juga: Pentingnya talenta digital untuk dorong kompetisi industri 4.0
Baca juga: Cara SMK jawab kebutuhan talenta digital handal bagi industri 4.0

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021