Ratusan rumah di Lembah Sari Lombok Barat rusak diterjang banjir

Ratusan rumah di Lembah Sari Lombok Barat rusak diterjang banjir

Sebanyak 404 rumah di Desa Lembah Sari, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, mengalami kerusakkan diterjang banjir bandang pada Senin (6/12). ANTARA/HO.

Mataram (ANTARA) - Sebanyak 404 rumah di Desa Lembah Sari, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, mengalami kerusakan diterjang banjir bandang pada Senin (6/12).

"Di antaranya 37 rumah rusak parah karena tertimbun lumpur sedangkan sisanya rusak sedang," kata Kepala Dusun Lembah Sari, Yusron, Rabu.

Ia menambahkan kebanyakan rumah yang mengalami kerusakan parah itu akibat tertimbun lumpur yang terbawa banjir bandang.

Warga Lembah Sari yang rumahnya mengalami kerusakan, harus dievakuasi ke masjid terdekat atau ke Pasar Kekait. "Saat ini warga sudah mulai membersihkan puing-puing rumahnya," katanya.

Sebelumnya, korban banjir di Batulayar Utara, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Rabu (8/12) membutuhkan pakaian bekas dan perlengkapan bayi dari pampers sampai minyak kayu putih.

Baca juga: Korban banjir Lombok Barat butuhkan pakaian bekas

Baca juga: Korban banjir bandang di Lombok Barat takut kembali ke rumah


Setelah rumah warga diterjang banjir bandang dari Sungai Meninting yang terjadi pada Senin (6/12).

"Kami membutuhkan pakaian bekas serta perlengkapan bayi dari pampers sampai minyak kayu putih," kata salah seorang pengungsi, Dewi.

Selain itu, kebutuhan sembilan bahan pokok (sembako) pun tetap mengalami kekurangan. "Kami benar-benar membutuhkan, rumah kami sudah diterjang banjir," kata Sukinah.

Sementara itu, aktivitas warga bersama TNI dan polisi bahu membahu membersihkan lumpur sisa banjir, termasuk batang pohon dan bangunan rumah milik warga yang ambruk.

Kegiatan pembersihan itu menurunkan buldozer mengingat sampah sisa banjir masih memenuhi di area sisa banjir. Sejumlah posko pengungsian banyak didirikan untuk membantu warga yang kehilangan rumahnya.

Baca juga: TNI dirikan dapur umum untuk penuhi pangan korban banjir Lombok Barat

Baca juga: Bupati Lombok Barat akan identifikasi penyebab banjir bandang
Pewarta : Riza Fahriza*Rahadian Salat
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2021