Jakarta (ANTARA) - Kementerian BUMN mendukung pelaku UMKM di lima area mulai dari pengembangan agar bisa naik kelas hingga akses tempat usaha di infrastruktur publik.

"Ini adalah bentuk dukungan BUMN kepada para pelaku UMKM di mana terdapat lima area yang memang kami kembangkan. Pertama adalah BUMN ikut membantu pengembangan UMKM untuk naik kelas, melakukan pembinaan dan juga mendampingi mereka kalau UMKM membutuhkan sertifikasi," ujar Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto S Ginting dalam seminar daring di Jakarta, Rabu.

Dia juga menambahkan bahwa BUMN juga ikut mendukung pemberian akses pembiayaan kepada pelaku UMKM baik melalui bank-bank Himbara, BUMN-BUMN non perbankan, perusahaan penjaminan maupun lewat perusahaan asuransi.

Sementara  itu berkaitan dengan akses pembiayaan sudah dibentuk pada tahun 2021 yakni Holding BUMN Ultra Mikro yang diharapkan layanan untuk menjangkau pelaku usaha ultra mikro semakin lebih luas.

"Kemudian kami juga mendukung agar BUMN sebagai offtaker dan juga menolong UMKM untuk menjadi bagian dari rantai pasok BUMN supaya hubungan bisnis antara UMKM dan BUMN relatif lebih berkelanjutan," kata Loto.

Dirinya berharap semakin hari, melalui hubungan itu bisa tercipta efisiensi maupun juga semakin banyaknya penyerapan tenaga kerja.

BUMN juga mendukung UMKM lewat kurasi dan perluasan akses pasar yang saat ini baik perluasan pasarnya secara offline seperti bazaar maupun pop-up store yang disediakan oleh BUMN, serta perluasan pasar daring PaDi UMKM yang diluncurkan pada 2020 di mana UMKM semakin memiliki kesempatan bertemu dengan BUMN di platform digital tersebut.

"Selain itu juga sejalan dengan UU Cipta Kerja, kita juga mendukung pemberian akses tempat usaha di infrastruktur publik," kata Loto.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan peran UMKM sangat penting dalam menggerakkan perekonomian Indonesia.

Menurut Erick, keberadaan BUMN yang dekat dengan rakyat, seperti BRI membantu banyak UMKM dalam kredit mikro dan mengefisienkan proses.


Baca juga: Kementerian BUMN gelar pelatihan digital tingkatkan penjualan UMKM
Baca juga: Kementerian BUMN dan BRI komitmen dukung UMKM untuk naik kelas
Baca juga: Kementerian BUMN ajak masyarakat cintai dan beli produk UMKM lokal
Baca juga: Kementerian BUMN gandeng Vokraf beri pelatihan strategi digital UMKM

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2021