Pemkab Konawe imbau wisatawan waspadai cuaca buruk pada akhir tahun

Pemkab Konawe imbau wisatawan waspadai cuaca buruk pada akhir tahun

Pengunjung berada di Pantai Toronipa, Soropia, Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (12/10/2021). Pantai Toronipa dengan keindahan pasir putih keemasan tersebut dilengkapi dengan fasilitas permainan seperti banana boat dan jet ski. ANTARA/Jojon/rwa.

Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tenggara mengimbau wisatawan agar mewaspadai cuaca buruk saat berwisata bahari pada akhir tahun.

"Beberapa titik destinasi wisata bahari menggiurkan untuk dikunjungi menyambut pergantian tahun namun bagi pengguna sarana kapal laut diharapkan untuk meningkatkan kewaspadaan," kata Bupati Konawe Amrullah di Kendari, Selasa.

Pengunjung wisata diminta memilih kapal yang memenuhi standar dan awak kapal yang telah menjadi mitra pariwisata yang terampil dan menguasai perairan wilayah Konawe Kepulauan.

Kabupaten Konawe Kepulauan memiliki obyek wisata bahari yang menakjubkan, antara lain, Pantai Kampak, Air Terjun Tumburano dan deretan pantai pasir putih di kabupaten wilayah kepulauan tersebut.

Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Kendari Wahyudi mengatakan Basarnas sudah memetakan titik atau lokasi wisata rawan kecelakaan menyambut libur natal dan pergantian tahun 2021 ke tahun 2022.

Basarnas sudah siaga melibatkan unsur-unsur terkait, yakni Kepolisian, TNI, BPBD, remaja Pramuka, Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, Adpel, Dinas Perhubungan dan Dinas Sosial.

"Kami (Basarnas) sesuai tugas dan tanggungjawab yang dimiliki senantiasa mengajak pihak-pihak terkait maupun warga masyarakat yang rentan kecelakaan untuk meningkatkan kewaspadaan," kata Wahyudi.

Ia mengharapkan pengelolah obyek wisata maupun pemilik sarana transportasi laut menekankan pentingnya keselamatan pengguna jasa dan wisatawan.

Petugas penjaga Pantai Nambo Nurwan (28) mengatakan komponen pengelola obyek wisata Pantai Nambo sudah mendapat pengarahan atau imbauan dari pihak Kepolisian, Basarnas dan pemerintah setempat.

"Intinya warga masyarakat yang menikmati masa liburan dan pergantian tahun menjaga diri dan keluarga dari hal-hal yang tidak diinginkan," kata Nurwan.
Baca juga: Waaster Kasad kunjungi objek vital nasional di Konawe
Baca juga: Lansia yang dievakuasi dari hutan Konawe meninggal di RS Bhayangkara
Baca juga: KSP dorong pengembangan pariwisata Pulau Labengki Konawe Utara

Pewarta : Sarjono
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2021